Nilai Guna Barang Sebagai Alat Pemuas Kebutuhan

Posted on

Setelah dibahas tentang kebutuhan manusia, mulai dari perbedaan antara makna kebutuhan manusia dan keinginan, penggolongan jenis kebutuhan manusia hingga faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, sekarang akan dibahas tentang nilai guna barang sebagai alat pemuas kebutuhan.

Nilai Guna Barang

Sebelum membahas nilai guna barang lebih detail, maka perlu dipahami makna alat pemuas kebutuhan menurut ilmu ekonomi.

Alat pemuas kebutuhan dalam ekonomi mempunyai dua bentuk, yaitu barang dan jasa.

Benda atau barang dapat memberi manfaat atau nilai guna untuk manusia apabila berada pada waktu, tempat maupun kondisi yang tepat.

Apabila benda tidak berada pada waktu yang tepat maka benda tersebut tidak memberi kegunaan yang semestinya atau bahkan tidak berguna sama sekali.

Misalnya jas hujan atau payung akan bermanfaat untuk manusia pada saat terjadi hujan tetapi jas hujan atau payung tidak bermanfaat ketika cuaca cerah dan sejuk.

Barang atau benda dalam ekonomi mempunyai beberapa jenis kegunaan yaitu kegunaan menurut tempat, waktu dan sebagainya, untuk lebih lengkapnya antara lain sebagai berikut:

6 Macam Nilai Guna barang sebagai Alat Pemuas Kebutuhan

1) Kegunaan Bentuk (form utility)

Artinya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya. Contoh: dari pohon kayu yang ada di hutan dirubah menjadi bentuk kursi, meja, lemari dan kebutuhan lainnya.

2) Kegunaan Tempat (place utility)

Artinya, pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh: kapal laut akan berguna di laut daripada di daratan, baju astonot akan berguna jika dipakai di bulan daripada di dunia.

3) Kegunaan Waktu (time utility)

Artinya, kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. Contoh : Payung akan berguna jika digunakan pada saat terik matahari atau dalam keadaan cuaca sedang hujan.

4) Kegunaan Kepemilikan (ownership utility)

Artinya, kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsumen yang tepat.

Contoh : Alat suntik akan berguna jika dokter yang menggunakan dan sebuah dot akan berguna untuk anak yang masih kecil (bayi) untuk menyusui

5) Guna Dasar (Elementary Utility)

adalah kegunaan benda karena benda itu merupakan bahan untuk membuat benda lain.

Misalnya kain percak atau kain sisa sangat berguna ditangan para orang-orang kreatif misalnya untuk membuat boneka dari kain percak, namun kain percak mungkin dianggap sampah bagi orangan yang tidak mempunyai keahlian tentang jait dan kreativitas lainnya.

6) Kegunaan Pelayanan (Service Utility)

Suatu benda dianggap mempunyai kegunaan apabila benda tersebut dapat memberi pelayanan. misal televisi mempunyai kegunaan jika dapat menyiaran acara stasiun televisi.

Demikianlah pembahasan tentang kegunaan barang sebagai pemuas kebutuhan manusia, semoga artikel ini Memberi pemahaman yang baik untuk anda tentang Nilai Guna Barang.

Gravatar Image
Saya Adalah Seorang Pendidik yang Fokus pada Ilmu Ekonomi. Melalui Situs ini Saya Publikasikan Materi Ekonomi yang bisa diakses secara Gratis. Profil Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *