Mengenal Lembaga Penunjang Pasar Modal Indonesia Dengan Benar

Posted on

Dalam pembahasan sebelumnya telah disampaikan penjelasan tentang pelaku utama pasar modal, dalam pembahasan artikel ini akan dijelaskan tentang Lembaga Penunjang Pasar Modal.

Lembaga Penunjang Pasar Modal

Apakah Pengertian lembaga penunjang pasar modal itu? Apa saja lembaga-lembaga yang menunjang kegiatan pasar modal?

Kedua pertanyaan di atas akan dijelaskan dalam artikel ini. Lembaga penunjang pasar modal diartikan sebagai sebuah lembaga yang berperan untuk menunjang segala kegiatan utama yang terjadi dalam pasar modal, lembaga-lembaga tersebut yaitu  bank kustodian, wali amanat, biro administrasi efek, penasihat investasi, penjamin emisi dan pemeringkat efek.

Untuk lebih mengenal secara umum tentang lembaga-lembaga tersebut silahkan simak pemaparan berikut ini:

6 Jenis Lembaga Penunjang Pasar Modal

1. Biro Administrasi Efek (BAE)

Biro administrasi merupakan lembaga yang berperan untuk melaksanakan segala kegiatan administrasi efek untuk emiten yang meliputi kegiatan pembukuan, kegiatan transfer, kegiatan registrasi, pemecahan surat kolektif saham, pembayaran dividen dan sebagainya.

2. Bank Kustodian

Bank kustodian merupakan sebuah bank yang memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan serta melakukan pengamanan fisik terhadap dokumen-dokumen efek.

3. Wali Amanat

Wali amanat merupakan pihak-pihak yang telah mendapat kepercayaan untuk mewakili kepentingan para pedagang obligasi.

4. Pemeringkat Efek

Pemeringkat efek merupakan sebuah pihak yang memiliki tugas untuk memberikan pendapat tentang resiko suatu efek secara objektif, jujur, serta tidak memihak.

5. Penasihat Investasi

Penasihat investasi merupakan sebuah pihak yang memiliki tugas untuk memberikan nasihat mengenai investasi.

Penasihat investasi hampir sama dengan manajer investasi. Namun terdapat perbedaan antara keduanya.

Perbedaannya adalah jika penasihat investasi hanya berperan untuk memberikan nasihat, sedangkan manajer investasi berperan untuk memberi nasihat sekaligus mengelola dana.

6. Penjamin Emisi

Penjamin emisi merupakan sebuah pihak yang memiliki tugas memberikan jaminan untuk membeli saham yang tidak dapat habis terjual agar modal atau dana yang diperlukan emiten dapat tercukupi.

Demikianlah Pembahasan tentang macam-macam lembaga yang menjadi penunjang pasar modal. Setelah memahami artikel ini silahkan baca artikel Kebaikan dan Keburukan Bursa Efek atau pasar modal. Semoga dengan artikel ini anda dapat mengenal lembaga penunjang pasar modal dengan benar.

Gravatar Image
Saya Adalah Seorang Pendidik yang Fokus pada Ilmu Ekonomi. Melalui Situs ini Saya Publikasikan Materi Ekonomi yang bisa diakses secara Gratis. Profil Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *