Investasi Emas Batangan Lebih Bagus Dari Emas Perhiasan?

Posted on

Investasi emas batangan memiliki keuntungan yang lebih besar daripada investasi emas perhiasan, benarkah begitu?

Investasi Emas Batangan

Berawal dari pertanyaan di atas, maka dibuatlah artikel ini, tujuannya untuk memberi bahan pertimbangan bagi anda yang hendak berinvestasi emas.

Dalam artikel ini akan dikupas alasan logis yang telah teruji mengapa investasi emas batangan lebih menguntungkan dari investasi emas perhiasan, anda ingin tahu, yuk simak dengan baik secara lengkap pembahasan artikel ini.

Emas adalah salah satu dari logam mulia yang memiliki nilai ekonomis yang mahal, dari fakta ini maka banyak yang berburu emas untuk berinvestasi emas.

Bagaimana cara investasi emas? Jika anda ingin tahu silahkan anda simak artikel 3 metode berinvestasi emas.

Kondisi perekonomian dalam sebuah negara memberikan pengaruh yang besar pada tinggi rendahnya harga-harga barang dan jasa.

Salah satu penyebab dari peningkatan harga barang dan jasa adalah tingkatan inflasi.

Jadi ketika tingkat inflasi suatu negara tinggi akan mempengaruhi peningkatan harga atau jasa dalam negara tersebut, mengapa demikian?

Karena ketika inflasi tinggi atau jumlah uang yang beredar dalam masyarakat tinggi maka akan mengakibatkan nilai uang menjadi rendah akibatnya uang semakin tidak bernilai.

Namun berbeda dengan emas, ketika laju inflasi meningkat maka nilai ekonomis dari emas juga meningkat seiring meningkatkanya tingkat inflasi, inilah sebabnya banyak dikatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang paling aman karena emas tahan terhadap laju inflasi.

Kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi emas? Tentu saja waktu yang tepat untuk investasi emas adalah saat harga emas sedang dalam posisi bergerak turun.

Pergerakan naik atau turunnya harga emas dalam negara Indonesia dipengaruhi oleh nilai tukar US Dollar ke rupiah, hal ini karena harga emas distandarkan dalam mata uang dollar amerika serikat  yang mengacu pada harga emas dalam pasar dunia dengan pusatnya yaitu London Metal Exchange.

Selain tergantung dari nilai tukar dolar amerika serikat harga emas juga dipengaruhi oleh permintaan maupun penawaran emas dunia.

Lalu bagaimanakah ciri-ciri harga emas bergerak turun? Salah satu indikator emas bergerak turun adalah ketika mata uang US dollar melemah terhadap mata uang rupiah maka harga emas bergerak turun dan pada posisi seperti ini anda dapat membeli emas untuk investasi.

Mulailah investasi dengan berinvestasi emas batangan, bukan emas perhiasan.

Bagi anda yang sedang berminat berinvestasi emas, maka sebaiknya anda berinvestasi emas batangan, hal ini karena emas dalam bentuk perhiasan memiliki kelemahan yang berdampak pada kerugian, apakah kelemahannya? Lebih detail simaklah berikut ini :

Alasan Investasi Emas Batangan bukan Emas Perhiasan

Emas perhiasan tidak baik untuk dijadikan investasi, hal ini disebabkan karena emas perhiasan memiliki beberapa kelemahan.

Beberapa Kelemahan berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan adalah sebagai berikut, silahkan disimak.

1) Menempelnya ongkos pembuatan perhiasan atau umum dikenal dengan ongkos bikin, Untuk membuat desain perhiasan yang cantik dan anggun diperlukan biaya ongkos pembuatan, dengan adanya biaya ongkos bikin ini mengakibatkan harga emas perhiasaan mahal, sedangkan saat anda ingin menjual perhiasan emas tersebut maka biaya ongkos bikin ini tidak dihitung oleh calon pembeli perhiasan anda.

2) Tergantung dengan Trend Fashion, Emas perhiasan sangat dipengaruhi oleh trend fashion, ketika trend perhiasan model tertentu sedang booming maka harga jual dari perhiasan tersebut mengalami peningkatan begitu juga sebaliknya apabila tidak booming maka harga jual dari perhiasan itu turun.

3) Emas dalam bentuk perhiasan memiliki sifat subjektif, Semakin Up to date model sebuah emas perhiasan maka semakin tinggi harga jualnya begitu juga sebaliknya jika model emas perhiasan kuno maka kurang peminatnya sehingga harga jualnyapun cenderung rendah.

Demikianlah artikel dalam situs www.ekonomikontekstual.com tentang alasan mengapa investasi emas batangan lebih bagus daripada emas perhiasan. Semoga anda dapat memperoleh pertimbangan yang kuat untuk melakukan investasi emas batangan.

Gravatar Image
Saya Adalah Seorang Pendidik yang Fokus pada Ilmu Ekonomi. Melalui Situs ini Saya Publikasikan Materi Ekonomi yang bisa diakses secara Gratis. Profil Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *