Cara Cepat Menemukan Fungsi Penawaran Tanpa Rumus Baku

Posted on

Dalam pembahasan sebelumnya telah dibahas cara cepat menemukan fungsi permintaan, Sekarang dalam artikel ini kan dibahas Cara Cepat Menemukan Fungsi Penawaran tanpa menggunakan rumus baku.

Cara Cepat Menemukan Fungsi Penawaran

Pada pembahasan cara menemukan fungsi penawaran yang telah dibahas sebelumnya yang merupakan cara baku yang sesuai teori ekonomi dalam menemukan fungsi penawaran.

Maksud baku disini adalah cara yang secara formal diakui diseluruh dunia, namun cara ini mempunyai kelemahan yaitu memakan waktu yang relatif lama sehingga kurang efektif jika digunakan untuk menyelesaikan soal yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan.

Untuk mengatasi hal tersebut maka disini penulis perkenalkan cara yang dapat digunakan untuk menemukan fungsi penawaran dan tidak memakan waktu yang lama dalam penggunaanya. 

Cara ini disarankan digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang mengharuskan kita untuk menjawab soal dengan benar dalam waktu yang relatif cepat.

Misalnya mengerjakan soal pilihan ganda dalam ujian semester, ujian nasional atau dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Diharapkan dengan Cara Cepat Menemukan Fungsi Penawaran ini saudara dapat menghemat waktu dalam menyelesaikan soal tentang fungsi penawaran.

Bagaimana penggunaan Cara Cepat Menemukan Fungsi Penawaran tersebut?

Selengkapnya dapat dipahami dalam pemaparan berikut ini:

Untuk mengawali pembahasan perhatikan gambar penerapan cara cepat menemukan fungsi permintaan dan penawaran berikut ini:

tips mencari fungsi pernawaran

Keterangan:

Berdasarkan gambar tersebut langkah-langkah menggunakannya adalah sebagai berikut:

Pertama kita pisahkan antara harga barang dan jumlah penawaran, setelah itu kita susun seperti halnya kita akan mengerjakan pengurangan bersusun.

Taruh harga setelah ada perubahan, baik kenaikan harga maupun penurunan harga (P2) dan jumlah setelah adanya perubahan, baik kenaikan jumlah penawaran maupun pengurangan jumlah penawaran (Q2) diatas.

Taruhlah Harga awal (P1) dan Jumlah penawaran awal (Q1) dibawah.

Selanjutnya kita kurangkan P2-P1, dan Q2-Q1, hasil pengurangan P2-P1 diberi Q sedangkan hasil pengurangan Q2-Q1 diberi P sebagaimana dalam gambar.

Langkah kedua kita kurangkan hasil dari perkalian P2 X Q1 dengan hasil perkalian P1 x Q2, setelah itu kita tempatkan hasilnya (bisa positif atau negatif) di belakang nilai P.

Untuk jelasnya perhatikan contoh berikut ini:

Latihan Soal Fungsi Penawaran

Pada saat harga Es juz buah sebesar Rp 4000 jumlah es juz buah yang ditawarkan sebanyak 10 gelas, sedangkan ketika harga es juz buah naik menjadi Rp 5000 jumlah es juz buah naik menjadi 15 gelas. Tentukan fungsi penawaran es juz buah berdasarkan data tersebut!

Pembahasan Cara Cepat Menemukan Fungsi Penawaran

Diketahui : P 1 = 4000  dan  P2 = 5.000, Q 1 = 10 buah dan Q2 = 15 buah

Ditanyakan : Fungsi penawaran.

Jawab : Fungsi penawaran es juz buah dapat ditemukan dengan cara berikut ini:

Trik menemukan fungsi penawaran

Demikianlah pembahasan tentang cara cepat mencari fungsi penawaran,  semoga cara ini dapat menjadi solusi bagi anda dalam menjawab soal-soal terkait fungsi penawaran dengan cepat dan benar, sehingga prestasi belajar ekonomi anda dapat meningkat.

Setelah memahami materi ini diharapkan anda dapat memahami artikel tentang harga keseimbangan.

Gravatar Image
Saya Adalah Seorang Pendidik yang Fokus pada Ilmu Ekonomi. Melalui Situs ini Saya Publikasikan Materi Ekonomi yang bisa diakses secara Gratis. Profil Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *