MENGUNGKAP PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO

Setelah anda memahami artikel sebelumnya mengenai cabang-cabang ilmu ekonomi, maka sekarang tibalah untuk memahami artikel ini yaitu Perbedaan ekonomi mikro dengan ekonomi makro.



Perbedaan yang ada dalam ekonomi makro dan mikro dapat dilihat dari 3 hal, yaitu corak analisis, materi yang dibahas dan titik berat analisis.

Sebelum dibahas tentang ketiga poin inti yang membedakan ekonomi makro dan mikro tersebut, maka perlu diketahui tentang pengertian dari ekonomi makro dan pengertian ekonomi mikro.

Ekonomi makro diartikan sebagai suatu bidang ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatan ekonomi pada suatu negara dengan analisis yang bersifat menyeluruh (agregat). Hal tersebut sejalan dengan definisi dari makro itu sendiri, yang bermakna "besar dan menyeluruh".

Sedangkan ekonomi mikro diartikan sebagai suatu bidang ilmu ekonomi teori yang melihat dan menganalisis kegiatan ekonomi dengan cara melihat dan menganalisis bagian-bagian kecil dari keseluruhan. Hal tersebut sejalan dengan makna dari mikro itu sendiri yang berarti "kecil".

Menurut salah satu tokoh ekonomi yang bernama Gregory Mankew dalam sebuah buku “Pengantar Ekonomi”, dijelaskan bahwa ekonomi makro dan ekonomi mikro pada khakikatnya saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

Hal tersebut karena perubahan ekonomi yang terjadi secara menyeluruh (makro), pasti akibat dari hasil adanya perubahan berbagai macam individu dalam melakukan perannya sebagai pelaku kegiatan ekonomi.

Dengan kata lain, perubahan yang terjadi dalam ekonomi makro adalah hasil dari semua perubahan yang terjadi dalam ekonomi mikro.

Dengan demikian, apabila seorang pakar ekonomi ingin melakukan analisis pengaruh atau efek dari pemungutan pajak penghasilan terhadap produksi barang dan jasa secara menyeluruh, maka pakar ekonomi yang bersangkutan harus melakukan analisis terlebih dahulu tentang efek dari pemungutan pajak penghasilan terhadap individu atau perorangan maupun rumah tangga. Yaitu, dengan melakukan penyelidikan berapa besar penghasilan yang dibelanjakan oleh individu atau rumah tangga yang dipakai untuk membeli barang maupun jasa, setelah dilakukannya pemungutan pajak penghasilan (Pph).


Setelah Memahami pengertian ekonomi mikro dan makro serta memahami pula keterkaitan antara ekonomi makro dengan ekonomi mikro maka tibalah dibahas tentang perbedaan dari ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa perbedaan dari ekonomi mikro dan makro dapat diketahui dari tiga hal, yaitu titik berat analisis, corak analisis, dan materi yang dibahas, ketiga hal utama yang menjadi inti dari perbadaan tersebut dapat dipahami dalam tabel singkat berikut ini:

Tabel tentang perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Berdasarkan tabel di atas maka dapat terlihat secara rinci tentang 3 hal yang menjadi titik inti dari hal yang membedakan ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Meskipun secara umum telah ada pemisahan yang menjadi bahasan dalam ekonomi mikro maupun ekonomi makro, namun terkadang terdapat materi yang dibahas dalam ekonomi mikro dibahas pula dalam ekonomi makro.

Perbedaannya dalam ekonomi mikro hanya melihat bagian kecil (secara perorangan atau satuan), sedangkan dalam ekonomi makro melihat secara keseluruhan.

Demikianlah pembahasan dalam www.ekonomikontekstual.com mengenai perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro yang utama, Setelah anda memahami penjelasan dalam artikel ini maka silahkan anda menuju artikel selanjutnya tentang masalah-masalah dalam bidang ekonomi yang dihadapi pemerintah. Semoga artikel pendek ini dapat memberi pencerahan kepada anda tentang perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.

MENGUNGKAP PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan