Materi Terbaru

MENGENAL CABANG-CABANG ILMU EKONOMI DENGAN SEDERHANA

Ekonomi asalnya dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, kata yang pertama adalah oikos dan kata yang kedua adalah nomos. Kata oikos memiliki arti dalam bahasa indonesia “ rumah tangga” sedangkan kata nomos dalam bahasa indonesia berati “peraturan”.  Dengan demikian jika kedua kata tersebut dijadikan satu maka akan diterjemahkan menjadi “peraturan rumah tangga” atau dengan kalimat lain dapat diartiakan “tata cara dalam mengatur rumah tangga”


Karena setiap manusia pasti akan membentuk rumah tangga dan setiap rumah tangga pasti mengingikan kehidupan yang makmur maka berkembanglah ekonomi hingga sekarang. Ekonomi telah menjadi sebuah ilmu yang banyak dipelajari manusia termasuk anda yang saat ini sedang belajar ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi pada khakikatnya adalah sebuah ilmu yang mempelajari berbagai macam usaha yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memenuhi aneka macam kebutuhannya dengan tujuan untuk mencapai suatu kemakmuran. Ilmu ekonomi di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini memiliki ruang lingkup yang sangat luas sehingga para pakar ilmu ekonomi membagi kajian ilmu ekonomi kedalam beberapa cabang, adapun cabang-cabang ilmu ekonomi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Gambar Pembagian Cabang Ilmu ekonomi

Ilmu Ekonomi Teori atau Economic Theory

Ekonomi teori merupakan cabang ilmu ekonomi yang mengkaji atau menerangkan hubungan berbagai peristiwa ekonomi dan selanjutnya melakukan perumusan dari hubungan-hubungan berbagai peristiwa ekonomi tersebut kedalam suatu hukum ekonomi atau kedalam teori ekonomi tertentu. Ilmu Ekonomi teori sendiri saat ini dibagi kedalam 2 bagian pokok yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro.


Ilmu Ekonomi Deskriptif atau Descriptive Economic

Ekonomi deskriptif merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang menggambarkan berbagai keadaan perekonomian yang terjadi di masyarakat dengan sebenar-benarnya. misalnya menggambarkan keadaan perekonomian para pemilik warteg (warung tegal) yang ada di tegal provinsi jawa tengah atau menggambarkan keadaan perekonomian para petani padi se jawa tengah.

Ilmu Ekonomi Terapan atau Applied Economic

Ekonomi terapan merupakan sebuah cabang ilmu ekonomi yang memanfaatkan ekonomi teori untuk merancang dan merumuskan berbagai  kebijakan yang ditujukan untuk mengatasi  berbagai masalah ekonomi yang terjadi.  Jadi pada dasarnya ekonomi terapan bersifat penerapan dari ekonomi teori yang digunakan untuk melakukan pemecahan masalah ekonomi. Cbang ilmu ekonomi terapan dalam kehidupan sekarang ini memiliki beberapa cabang yaitu ekonomi internasional, ekonomi pembangunan, ekonomi koperasi, ekonomi moneter, dan sebagainya.

Ilmu Ekonometrika atau Econometrics

Ekonometrika merupakan cabang ilmu ekonomi yang mengkaji atau membahas berbagai gejala ekonomi yang muncul dengan menerapkan metode matematis dan metode statistik. Para Ahli ekonomi sering memanfaatkan metode matematis dan metode statistik dalam menjelaskan berbagai sifat hubungan dari gejala-gejala  ekonomi yang terjadi. Misalnya, dengan data “jumlah pendapatan nasional, data jumlah aliran dan sebagainya” maka para ahli dapat membuat prediksi mengenai  berbagai akibat kebijakan ekonomi yang akan dijalankan.

Demikianlah pembahasan yang dapat disajikan dalam www.ekonomikontekstual.com terkait cabang-cabang ilmu ekonomi, setelah anda menguasai pembahasan ini maka disarankan untuk membaca artikel yang membahas Perbedaan ekonomi mikro dan makro. Semoga anda dapat memahami cabang-cabang ilmu ekonomi dengan tepat setelah anda membaca post ini.

Advertisement

0 Response to "MENGENAL CABANG-CABANG ILMU EKONOMI DENGAN SEDERHANA"

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan