5 MASALAH DALAM BIDANG EKONOMI YANG DIHADAPI PEMERINTAH

Masalah dibidang ekonomi yang dihadapi pemerintah

Ketika membahas tentang masalah dalam bidang ekonomi yang dihadapi pemerintah maka pada dasarnnya yang dibahas merupakan pokok bahasan dalam ekonomi makro.

Hal ini karena pada khakikatnya masalah-masalah yang dihadapi oleh suatu negeara atau pemerintah merupakan masalah ekonomi yang sifatnya menyeluruh yang juga harus diatasi secara menyeluruh pula.

Menurut salah satu pakar ekonomi indonesia yang bernama Bapak Sadono Sukirno pada sebuah buku karangannya dengan judul “Ekonomi Makro”, memaparkan tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh pemerintah di bidang ekonomi, adapun masalah-masalah yang dimaksud antara lain sebagai berikut :

Inilah 5 Masalah pokok dalam bidang ekonomi yang dihadapi pemerintah

Masalah Defisit dalam Neraca Pembayaran




Neraca pembayaran merupakan catatan yang berisi berbagai transaksi ekonomi yang tersusun secara sistematis antara penduduk dalam suatu negara dengan penduduk dari negara lain dalam suatu periode tertentu yang pada umumnya adalah  1 tahun. Transaksi-transaksi ekonomi yang ada dalam neraca pembayaran digolongkan kedalam 2 golongan, yaitu golongan transaksi debet dan golongan transaksi kredit. Transaksi debet merupakan transaksi yang menimbulkan suatu keharusan untuk melakukan pembayaran yang ditujukan kepada penduduk lain, sedangkan pengertian dari transaksi kredit disini merupakan transaksi yang memberikan hak untuk menerima pembayaran dari penduduk lain. Contoh dari transaksi debet antara lain kegiatan impor barang dan kegiatan investasi modal di negara lain. Sedangkan Contoh dari transaksi kredit antara lain kegiatan ekspor barang dan atau kegiatan penerimaan penanaman modal investor negara lain

Defisit neraca pembayaran terjadi ketika pembayaran ke luar negeri lebih besar daripada penerimaan dari luar negeri.

Defisit neraca pembayaran terjadi karena nilai impor lebih besar dari nilai ekspor, serta aliran modal ke luar negeri lebih besar daripada aliran modal ke dalam negeri.

Defisit Neraca pembayaran mengakbatkan terjadinya dampak buruk terhadap kegiatan dan kestabilan ekonomi negara.

Diantara dampak negatif terjadinya Defisit neraca pembayaran adalah terjadinya “penurunan kegiatan ekonomi di dalam negeri”.

Dengan terjadinya kegiatan ekonomi dalam negeri yang menurun maka akan mengakibatkan para pengusaha tidak memiliki semangat untuk melakukan kegiatan produksi barang.

Masalah Kegiatan Perekonomian yang Fluktuatif atau Tidak Stabil

Kondisis Perekonomian memiliki sifat tidak teratur perkembangannya. Terkadang kondisi perekonomian merangkak naik namun terkadang juga merangkak turun.

Terkadang kegiatan perekonomian mengalami perkembangan yang pesat namun sebaliknya terkadang perkembangan ekonomi juga mengalami perkembangan yang lambat atau kemerosotan.

Kemunduran ekonomi yang signifikan dapat menyebabkan terjadinya pengangguran, Sebaliknya pertumbuhan ekonomi yang terlalu pesat dapat menyebabkan terjadinya inflasi atau kenaikan harga-harga secara umum.

Kedua dampak negatif diatas baik itu pengangguran ataupun masalah inflasi akan mengakibatkan pengaruh yang buruk bagi kesejahteraan rakyat negara itu. Dengan demikian, pemerintah perlu mengusahakan untuk menjaga kestabilan pergerakan dalam suatu siklus.

Masalah Pertumbuhan Ekonomi



Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai perkembangan setiap kegiatan dalam perekonomian yang dapat menyebabkan barang maupun jasa yang diproduksi dalam masyarakat mengalami penambahan.

Dalam praktik, pertumbuhan ekonomi dapat dihitung dengan melakukan perbandingan Produk Domestik Bruto (PDB) tahun tertentu dengan Produk Domestik Bruto (PDB)  pada tahun sebelumnya.

Produk Domestik Bruto (PDB) adalah jumlah dari semua nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh semua masyarakat pada suatu negara dalam kurun waktu 1  tahun, termasuk didalamnya barang maupun jasa yang dapat dihasilkan oleh warga negara asing yang terdapat dalam wilayah negara itu.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi dapat dimaknai juga sebagai suatu kondisi perekonomian yang menunjukkan adanya peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) jika dibanding dengan tahun sebelumnya.

Setiap negara atau pemerintah pasti mendambakan tercapainya pertumbuhan ekonomi yang optimal, Namun terdapat banyak tantangan untuk mencapai hal tersebut sehingga sering terjadi pertumbuhan ekonomi yang tidak tercapai dengan optimal.

Masalah Inflasi

Pengertian dari Inflasi adalah suatu keadaan perekonomian yang menunjukkan terjadinya peningkatan harga-harga barang secara umum dan peningkatan tersebut terjadi secara terus-menerus.

Peningkatan harga yang terjadi secara terus-menerus tentu menjadi hal yang sangat merugikan berbagai pihak.

Masalah Inflasi dapat terjadi karena beberapa faktor, di antara faktor yang menyebabkan inflasi adalah faktor kenaikan biaya produksi, faktor kelebihan jumlah uang yang beredar dan penimbunan barang oleh para pedagang serta faktor kelebihan permintaan atas barang dan jasa.

Inflasi dengan tingkatan di atas 10% memberikan dampak yang buruk terhadap perekonomian suatu negara, lebih lengakap tentang dampak inflasi silahkan baca artikel pengaruh atau dampak inflasi terhadap perekonomian.

Masalah Pengangguran

Masalah pengangguran pada dasarnya disebabkan oleh terjadinya kekurangan permintaan agregat yaitu  permintaan secara keseluruhan, selain kekurangan permintaan agregat pengangguran juga timbul karena adanya penggunaan berbagai mesin modern, ketidaksesuaian antara keterampilan tenaga kerja dengan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan, adanya perubahan musim maupun adanya perubahan struktur perekonomian yang menuntut jenis keterampilan tertentu.

Pengangguran berdampak buruk, diantara dampak negatif adanya pengangguran yaitu membuat tingkat kemakmuran atau kesejahteraan rakyat menjadi menurun, bertambahnya tindak kriminalitas, serta Pajak penghasilan (Pph) yang merupakan sumber penerimaan negara menjadi berkurang.

Dengan berbagai dampak buruk yang ditimbulkan dari pengangguran maka pemerintah harus melakukan berbagai usaha untuk dapat menekan angka pengangguran.

Demikianlah pembahasan tentang 5 Masalah dalam Bidang Ekonomi yang dihadapi Pemerintah dalam situs www.ekonomikontekstual.com semoga dengan membaca artikel ekonomi ini anda menjadi semakin paham tentang berbagai masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah dalam menyelenggarakan kehidupan bernegara.

5 MASALAH DALAM BIDANG EKONOMI YANG DIHADAPI PEMERINTAH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan