PENGERTIAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN UANG

Permintaan uang – Ketika mempelajari materi ekonomi kelas X dalam semester 1 telah dibahas tentang permintaan dan penawaran, namun permintaan yang dimaksud dalam materi tersebut adalah permintaan terhadap barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia, Nah sekarang dalam semester kedua ini kita akan mempelajari permintaan uang maupun penawaran uang, namun dalam artikel ini hanya akan dibahas tentang permintaan uang saja sedangkan penawaran uang akan dibahas dalam artikel lainnya. Untuk mengawali pembahasan tentang permintaan uang maka perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu permintaan uang? Secara lebih lengkap silahkan simak dalam pemaparan berikut ini

Pengertian Permintaan Uang



Menurut salah satu pakar ekonomi yaitu Sadono Sukirno memaparkan bahwa permintaan uang diartikan sebagai jumlah uang yang dibutuhkan masyarakat dalam periode tertentu. Pendapat sadono sukirno ini terdapat dalam buku karangannya dengan judull “Makro Ekonomi”. Secara umum permintaan uang pada negara dengan perekonomi yang maju memiliki jumlah permintaan uang yang tinggi, dengan kata lain semakin maju kondisi perekonomian suatu negara, maka akan semakin tinggi jumlah permintaan uangnya.

7 Faktor yang Memengaruhi Permintaan Uang

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang
Jumlah permintaan uang bersifat fluktuatif atau bersifat berubah-ubah, kadang-kadang permintaan uang naik dan terkadang juga mengalami penurunan. Permintaan uang yang tidak tetap atau berubah-ubah tersebut terjadi karena terdapat beberapa faktor yang memengaruhinya, faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Precautionary Motive (motif Berjaga-jaga)
Dalam rangka mengatasi berbagai kejadian yang tidak terduga, misalnya datangnya penyakit dan  terjadinya musibah atau kecelakaan, manusia butuh memegang uang tunai untuk berjaga-jaga. Secara umum apabila tingkat pendapatan seseorang tinggi maka jumlah uang yang dibutuhkan untuk berjaga-jaga juga tinggi. Jadi, hal ini mengakibatkan permintaan uang juga tinggi.

b. Transaction Motive (Motif Melakukan Transaksi )
Untuk dapat melakukan transaksi dalam pemenuhan berbagai kebutuhan sehari-hari, maka masyarakat perlu uang. Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang, maka semakin tinggi juga jumlah uang yang diperlukan untuk bertransaksi.  Hal ini mengakibatkan,  permintaan uang juga
semakin tinggi.

c. Speculation Motive (Motif Spekulasi )
Masyarakat yang memiliki pendapatan yang besar biasanya tertarik melakukan transaksi yang bersifat spekulatif dalam rangka mencari keuntungan, transaksi-transaksi spekulatif yang sering dilakukan misalnya transaksi jual-beli valuta asing atau transaksi investasi pada saham dan surat berharga lainnya. Kegitan bertransaksi spekulatif yang dilakukan oleh orang yang berpenghasilan besar tersebut mendorong tingginya permintaan orang-orang tersebut terhadap uang. Motivasi  melakukan transaksi, motivasi berjaga-jaga, dan motivasi spekulasi ini disebut teori Liquiditas yang merupakan pendapat dari John Maynard Keynes.


d. Tingkat Suku Bunga
Apabila tingkat suku bunga tinggi, maka permintaan uang rendah, mengapa? Semakin tinggi suku bunga akan mengakibatkan permintaan uang menurun hal ini terjadi karena ketika suku bunga tinggi maka masyarakat lebih tertarik untuk menabungkan uangnya di bank dibandingkan menggunakan uangnya untuk keperluan yang lain.

e. Terjadinya peningkatan Produksi Barang dan Jasa
Untuk dapat melakukan transaksi pembelian atas peningkatan produksi barang dan jasa,maka masyarakat membutuhkan uang dalam jumlah yang lebih banyak sehingga hal ini mengakibatkan permintaan uang meningkat.

f. Tingkat Harga
Semakin tinggi harga barang dan jasa, maka mengakibatkan permintaan masyarakat terhadap uang juga tinggi, hal ini karena masyarakat memerlukan uang tunai lebih banyak untuk membayar harga barang dan jasa yang dibelinya Sebaliknya, apabila harga barang dan jasa mengalami penurunan maka permintaan terhadap uang akan semakin rendah.

g. Ekspektasi atau Perkiraan (Ramalan)
Semakin baik ramalan masyarakat tentang keadaan ekonomi maka akan mengakibatkan permintaan terhadap uang meningkat, hal ini karena masyarakat menjadi lebih tertarik untuk melakukan transaksi lebih banyak maupun melakukan spekulasi yang lebih banyak.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan faktor yang mempengaruhi permintaan uang, setelah memahami artikel ini maka diharapkan saudara dapat memahami artikel selanjutnya tentang kurva permintaan uang dan kurva penawaran uang. Semoga apa yang dituliskan dalam artikel ini dapat memberi pemahaman kepada anda tentang pengertian permintaan uang dan faktor-faktor yang memperngaruhi permintaan uang.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan