MENGENAL PENGERTIAN PASAR MODAL ATAU BURSA EFEK

Pengertian Pasar Modal atau Bursa Efek
Pengertian Pasar Modal - Setelah sebelumnya diuraikan dengan lengkap tentang pasar uang, maka dalam artikel ini akan mulai dibahas tentang pasar modal, untuk memulai pembahasan pasar modal maka penulis awali dengan pembahasan tentang pengertian pasar modal atau bursa efek. Bagi anda anda yang belum mengetahui hal-hal terkait pasar modal, maka artikel ini dapat menjadi artikel pengantar bagi anda untuk memulai memahami tentang pasar modal. Selengkapnya terkait pengertian pasar modal secara umum silahkan simak dalam pembahasan berikut ini:

Pasar modal pada dasarnya sama dengan pasar uang, namun terdapat perbedaan diantara keduannya, perbedaan antara pasar modal dan pasar uang yang paling mudah dilihat adalah pada produk yang diperjual belikan.


Seperti yang telah kita bahas dalam pembahasan bentuk-bentuk produk pasar uang, bahwa kita ketahui yang diperjual belikan atau yang menjadi produk dalam pasar uang adalah uang dalam bentuk surat berharga jangka pendek, sedangkan pada pasar modal yang diperjual belikan uang dalam bentuk surat berharga jangka panjang.

Dari perbedaan tersebut maka kita sudah dapat mendefinisikan apa itu pasar modal, apakah sampai sini anda sudah bisa menangkap pengertian pasar modal?

Pengertian Pasar Modal berdasarkan Ilmu ekonomi

Pasar Modal dalam ekonomi diartikan sebagai sebuah pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran uang dalam bentuk surat-surat berharga jangka panjang atau berjangka waktu lebih dari satu tahun.

Pasar Modal secara sederhana juga dapat diartikan sebagai pasar yang memperjualbelikan surat berharga jangka panjang.


Jadi yang perlu diingat bahwa jika kita dalam pasar uang mengenal objek yang dijualbelikan adalah Surat berharga jangka pendek yang bentuknya antara lain SPBU, SBI dan sebagainya, maka dalam pasar modal kita akan mengenal surat berharga jangka panjang yang bentuk umumnya adalah saham, obligasi dan sebagainya, lebih lengkap tentang bentuk surat berharga jangka panjang silahkan baca Bentuk produk yang diperjual belikan dalam pasar modal.

Pasar modal dalam dunia bisnis mempunyai nama lain yaitu bursa efek, jadi pasar modal itu sama dengan bursa efek.

Dalam negara indonesia pada zaman dahulu terdapat 3 macam bursa efek yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), dan Bursa Paralel Indonesia.

Namun pada zaman sekarang hanya ada satu bursa efek yang ada di Indonesia yang bernama bursa efek Indonesia (BEI). Dalam pasar modal atau bursa efek maka anda akan mengenal istilah Investor dan Emiten, apa itu investor dan emiten? Investor atau disebut juga Pemodal merupakan pihak yang mempunyai modal atau dana untuk dipinjamkan sedangkan Emiten merupakan individu atau perusahaan yang melakukan Penawaran Umum, apa itu penawaran umum? penawaran umum adalah penawaran untuk menjual Efek atau saham oleh Emiten kepada masyarakat atau publik.

Baik investor maupun emiten keduanya adalah pelaku dalam pasar modal, namun pelaku dalam pasar modal bukan hanya investor dan emiten, nah lebih jelasnya silahkan baca post selanjutnya tentang pelaku-pelaku pasar modal.

Demikianlah Pembahasan singkat yang merupakan pembahasan awal tentang pasar modal. Semoga yang disampaikan disini dapat memudahkan anda dalam mengerti tentang pengertian pasar modal atau bursa efek.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan