MENGENAL PENGERTIAN DAN TUJUAN KEBIJAKAN FISKAL

Kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran - Setelah sebelumnya kita telah belajar mengenai anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN, maka dalam artikel ini kita akan belajar tentang kebijakan-kebijakan pemerintah dalam pengelolaan Anggaran yang telah disusun, dalam hal ini dikenal dengan kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran. Apa itu kebijakan fiskal? Mengapa pemerintah perlu melakukan kebijakan fiskal? Kedua pertanyaan tersebut selengkapnya dapat anda jawab dengan tepat setelah anda memahami artikel ini dengan khusu atau khitmat.

Pengertian Kebijakan Fiskal atau kebijakan Anggaran



Kebijakan fiskal dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai segala kebijakan yang dilakukan untuk mengatur kondisi perekonomian negara menuju arah yang positif yang dilakukan oleh negara dengan cara mengubah jumlah penerimaan dan mengubah jumlah pengeluaran negara atau dengan kalimat lain kebijakan fiskal merupakan kebijakan untuk melakukan berbagai penyesuaian-penyesuaian dalam bidang pengeluaran negara dan penerimaan negara dalam rangka memperbaiki keadaan perekonomian Negara sesuai dengan tujuan negara.

Kebjakan Fiskal yang dilakukan pemerintah meliputi bidang perpajakan dan penerimaan negara bukan pajak, penganggaran belanja negara, pengelolaan utang dan optimalisasi pembiayaan anggaran, serta penataan kelembagaan keuangan negara. Untuk memahami berbagai macam dari kebijakan fiskal, silahkan menuju artikel Jenis-jenis kebijakan fiskal.

Tujuan pemerintah melakukan Kebijakan Fiskal

Pemerintah melakukan kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran, hal ini karena pemerintah menginginkan negara yang dipimpinnya menjadi negara yang makmur, mandiri dan para rakyatnya hidup sejahtera, secara rinci tujuan dilaksanakannya kebijakan fiskal adalah sebagai berikut:
  1. untuk mewujudkan stabilitas perekonomian negara
  2. untuk mewujudkan tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi
  3. untuk menjaga kestabilan harga barang dan jasa secara umum
  4. untuk mengusahakan terciptanya keadilan  pendistribusian pendapatan.
  5. untuk menciptakan dan meningkatkan lapangan kerja

Demikianlah Pembahasan pengertian atau makna dari kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran dan pembahasan tentang beberapa tujuan dilakukannya kebijakan fiskal. Semoga artikel yang telah anda baca ini dapat meningkatkan pemahaman anda mengenai pengertian kebijakan fiskal dan tujuan-tujuan kebijakan fiskal.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan