MEMAPARKAN DAMPAK PENGANGGURAN MENURUT ILMU EKONOMI

5 macam dampak pengangguran dalam ekonomi
Dampak pengangguran -Pengangguran merupakan masalah dalam perekonomian yang harus segera diatasi, mengapa harus segera diatasi? Hal ini karena pengangguran mempunyai dampak negatif dalam kehidupan perekonomian maupun sosial dalam bermasyarakat.  Menurunnya pertumbuhan ekonomi dan tingkat kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu dampak dari pengangguran secara umum, untuk lebih  detainya tentang apa saja dampak pengangguran, akam dipaparkan dalam uraian berikut ini.

5 macam Dampak pengangguran dalam ekonomi

Menjadikan Aktivitas Perekonomian menjadi turun



Menurunnya daya beli masyarakat merupakan akibat dari masalah pengangguran. Padahal jika daya beli turun maka akan mengakibatkan permintaan terhadap barang dan jasa menjadi turun. Selanjutnya akibat dari menurunnya permintaan terhadap barang dan jasa maka menyebabkan para  produsen maupun investor menjadi lesu dalam berproduksi maupun melakukan perluasan ataupun pendirian industri baru yang berujung pada menurunnya aktivitas perekonomian.

Mengakibatkan biaya sosial meningkatkan

Adanya masalah pengangguran dapat mengakibatkan biaya sosial menjadi meningkat. Hal ini Karena, pengangguran memaksakan masyarakat untuk memikul segala biaya, mulai dari biaya keamanan serta biaya pengobatan yang timbul akibat meningkatnya kriminalitas yang mungkin dilakukan oleh para penganggur, biaya perawatan pasien yang stres  atau depresi karena menganggur, dan biaya pemulihan atau renovasi beberapa tempat yang rusak akibat demonstrasi atau kerusuhan yang dipicu oleh kecemburuan sosial dan ketidakpuasan para penganggur.

Mengakibatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Per-Kapita turun

Kita ketahui bahwa Orang menganggur tidak dapat menghasilkan barang ataupun jasa. Hal ini berarti dengan semakin banyak penganggur maka Produk Domestik Bruto (PDB) yang dihasilkan menjadi semakin menurun (rendah).


Dengan menurunnya produk domestik bruto maka akan menyebabkan menurunnya pertumbuhan ekonomi sekaligus menurunnya pendapatan per kapita. Pendapatan per kapita otomatis akan menurun jika PDB turun hal ini karena pendapatan per kapita dihitung dengan rumus pendapatan domestik bruto tahun tertentu dibagi dengan jumlah penduduk pada tahun tersebut. Dengan menurunnya pendapatan per kapita maka akan menyebabkan menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat.

Mengakibatkan Penerimaan Negara turun

Seseorang yang menganggur tentu saja tidak memiliki penghasilan, dengan keadaan ini maka penerimaan pemerintah khususnya yang diperoleh dari pajak penghasilan (Pph) akan menjadi turun. Jadi jelaslah bahwa semakin banyak orang yang menganggur maka semakin turun juga penerimaan negara.

Mengakibatkan Tingkat Keterampilan turun

Pengangguran mengakibatkan keterampilan seseorang menjadi turun. Dengan menganggur  maka tingkat keterampilan seseorang menjadi menurun. Semakin lama seseoran menganggur, maka semakin menurun juga tingkat keterampilan orang tersebut. Demikianlah pemaparan beberapa dampak pengangguran dalam ilmu ekonomi, artikel ini merupakan kelanjutan dari penjelasan terkait jenis-jenis pengangguran dan cara menangani pengangguran yang dapat dilakukan. Mudah-mudahan melalui artikel ini dan artikel terkait dengan artikel ini saudara dapat lebih memahami tentang pengangguran dan dapat terhindar dari dampak pengangguran

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan