CARA MENGATASI PENGANGGURAN SESUAI ILMU EKONOMI

Cara mengatasi penganguran -Pengangguran merupakan masalah yang penting untuk diatasi dengan tepat. Terdapat beberapa solusi menurut kajian ilmu ekonomi dalam upaya mengatasi pengangguran.



Solusi yang dapat ditempuh disesuaikan dengan jenis pengangguran itu sendiri. Seperti kita ketahui dalam pembahasan sebelumnya tentang jenis-jenis penggangguran ada beberapa diantaranya struktural,konjungtural (siklikal), friksional serta pengangguran musiman. Masing-masing jenis pengangguran mempunyai solusi pemecahan yang berbeda juga, seperti apa solusinya?  Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Cara Mengatasi Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman adalah pengangguran yang diakibatkan oleh adanya musim yang mengalami perubahan atau dapat juga diakibatkan oleh adanya perubahan permintaan tenaga kerja yang terjadi secara berkala. Beberapa cara untuk mengatasi pengangguran musiman adalah sebagai berikut:

  • Memberikan informasi dengan cepat apabila tersedia lowongan kerja di bidang lain.
  • Berusaha memberikan beberapa pelatihan keterampilan diluar keahlian yang sudah dimiliki para penganggur misalnya keterampilan menjahit, keterampilan menyablon, mengelas dan keterampilan membordir.

Dengan pemberian keterampilan tersebut diharapkan para penganggur dapat bekerja sambil menunggu tibanya musim tertentu.

Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

cara mengatasi pengangguran
Pengangguran struktural merupakan pengangguran yang akibat terjadinya perubahan struktur ekonomi dalam negara tersebut, Contonya perubahan struktur dari agraris berubah menjadi industri. Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka mengatasi pengangguran jenis ini antar lain sebagai berikut:

  1. Memberikan pendidikan dan pelatihan untuk para tenaga kerja yang menganggur agar dapat segera bekerja sesuai kemampuan yang disyaratkan.
  2. Mengusahakan pendirian industri dan proyek-proyek padat karya untuk memberi pekerjaan kepada para tenaga kerja yang mengangur.
  3. Memindahkan tenaga kerja yang mengganggur ke daerah yang lebih membutuhkan.
  4. Berusaha melakukan usaha untuk meningkatkan mobilitas (perputaran) modal dan tenaga kerja dengan tujuan dapat menyerap para penganggur.
  5. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang arti penting penguasaan teknologi modern agar dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan struktur ekonomi.

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional



Pengangguran friksional merupakan pengangguran yang diakibatkan oleh adanya keinginan pekerja untuk pindah dari pekerjaannya dalam rangka mencari pekerjaan lain yang lebih mensejahterakan dan sesuai. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menangani pengangguran ini  adalah dengan menyediakan sarana-sarana informasi terkait lowongan pekerjaan secara cepat, mudah dan terjangkau harganya kepada para pencari kerja. Contohnya, dengan menempelkan beberapa iklan lowongan pekerjaan di beberapa tempat umum yang dilakukan dengan rutin.

Cara Mengatasi Pengangguran Konjungtural atau Siklikal

Pengangguran konjungtural merupakan pengangguran yang diakibatkan oleh naik turunnya kegiatan perekonomian sehingga mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat dan berujung pada turunnya permintaan terhadap barang dan jasa.
Cara yang tepat dalam mengatasi pengangguran jenis ini adalah sebagai berikut:
  • Berusaha mengarahkan masyarakat negara tersebut  agar menggunakan pendapatan yang dimilikinya untuk mengkonsumsi barang atau jasa dengan harapan permintaan terhadap barang dan jasa dapat meningkat.
  • Berusaha untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan cara membuka proyek-proyek pemerintah.
  • Menciptakan beberapa teknik dalam pemasaran dan promosi semenarik mungkin agar  masyarakat berminat untuk membelanjakan pendapatanya.

CARA MENGATASI PENGANGGURAN SESUAI ILMU EKONOMI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan