MENGELOLA SISTEM DAN SALURAN DISTRIBUSI DENGAN BENAR

sistem distribusi
Di dalam sebuah perusahaan, untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan tersebut, maka pengelolaan sistem distribusi merupakan sebuah hal yang utama. Karena memang membangun sebuah sistem distribusi memang tidaklah mudah, bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Sistem distribusi ini akan memberikan sebuah gambaran terkait sebuah perusahaan terhadap sejumlah perusahaan yang lain yang meiliki bisnis distribusi dan juga terhadap pasar yang sedang mereka layani. Selain itu sistem ini juga akan memberikan sebuah gambaran komitmen terhadap perangkat-perangkat kebijakan dan juga praktik yang menjadi dasar bagi hubungan dengan jangka panjang dan luas.

Saluran distribusi merupakan serangkaian kegiatan terstruktur yang saling memiliki ketergantungan yang mana kegiatan itu ada di dalam proses dengan tujuan menjadikan sebuah produk ataupun jasa telah siap untuk dikonsumsi atauapun digunakan.

Sistem ini lebih singkat dimaknai sebagai perantara untuk melancarkan arus sebuah barang ataupun jasa. Dengan sisitem perantara ini produsen akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya bisa menekan kebutuhan finansial yang digunakan untuk melakukan pemasaran secara langsung. Selain itu dalam beberapa hal, memang bukanlah hal yang layak ketika produsen melakukan sebuah pemasaran langsung.


Untuk memaksimalkan kegiatan saluran distribusi ini, maka perlu dipahami fungsi-fungsi utama dari saluran distribusi ini diantaranya adalah fungsi arus maju atau forward flow yang mana saluran ini berjalan dari perusahaan kepada pelanggan, misalnya adalah transfer hak milik dari suatu organisasi atau perseorangan kepada organisasi lain atau perorangan yang lain. Kemudian promosi, yang mana adalah kegiatan menarik konsumen untuk melakukan sebuah pemesanan.

Kemudian fungsi kedua dalam saluran distribusi adalah kegiatan arus mundur atau bacward flow yang mana adalah kegiatan ini berjalan dari pelanggan menuju perusahaan. Misalnya adalah pemesanan produk dari konsumen kepada perusahaan anda atau pembayaran dimana pembeli akan menjadi pelanggan dari produk yang anda tawarkan dengan saluran arus maju tersebut. Namun anda juga jangan lupa untuk melakukan saluran distribusi dua arah untuk melebarkan sayap, dengan cara mengumpulkan dan menyebarkan informasi terkait konsumen, pesaing, potensi, dan lain sebagainya. Anda juga perlu melakukan kegiatan negosiasi dan juga pengambilan resiko atas kegiatan saluran distribusi yang akan anda lakukan.

Kesimpulan
Saluran distribusi adalah sebuah kegiatan yang sangat vital di dalam sebuah perusahaan yang akan menentukan apakah perusahaan tersebut bisa bertahan ataukah tidak.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan