MEMAHAMI MANAJEMEN PEMASARAN SECARA TEPAT

Sebelum berbicara lebih jauh terkait manajemen pemasaran, anda harus tahu apa itu pemasaran. Oleh karena itu ada beberapa definisi pemasaran menurut  para ahli. Stanton mengatakan bahwa pemasaran merupakan sesuatu yang menyeluruh yang bertujuan di dalam merencanakan ataupun di dalam penentuan harga sampai dengan kegiatan promosi dan distribusi baik barang atau jasa yang akan memberikan kepuasan kepada pembeli potensial dan juga pembeli aktual. Sedangkan menurut Nystrom, pemasaran adalah sebuah kegiatan menyalurkan baik barang atau jasa dari produsen kepada konsumen.



Berdasarkan dengan definisi beberapa ahli, maka disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah sebuah proses yang dimulai sejak dari menemukan keinginan dari konsumen, kemudian mengetahui keinginan konsumen dari sebuah produk yang bersangkutan, yang termasuk di dalamnya adalah terkait dengan kualitas dan kinerja dari produk itu sendiri. Dengan begitu, maka manajemen pemasaran ini memiliki beberapa tujuan yaitu membuat konsumen yang potensial agar bisa tahu secara detail terkait produk yang dihasilkan perusahaan serta perusahaan juga bisa menyediakan seluruh permintaan dari konsumen yang membutuhkan produk tersebut.
manajemen pemasaran
Selain itu dengan manajemen pemasaran ini harapannya perusahaan juga bisa menjelaskan dengan lebih mendetail terkait semua kegiatan yang memiliki hubungan dengan pemasaran. Beberapa kegiatan manajemen pemasaran yang dialukan adalah mulai dari pengenalam produk, desain dari produk, metode promosi produk, cara pengiklanan produk, cara berkomunikasi kepada konsumen, dan juga sampai kepada proses pengiriman produk ke tangan para konsumen dengan cepat dan juga selamat.

Oleh kaena itu kegiatan manajemen pemasaran agar bisa berjalan lebih efektif, maka tidak bisa hanya dijalankan oleh bagian pemasaran saja. Karena kegiatan ini sangatlah komplek dan saling berhubungan dengan bagian perusahaan yang lain. Misalnya, untuk menjelaskan detail dari sebuah produk yang anda tawarkan, anda membutuhkan bagian produksi untuk menjalaskan bagian ini. Dan bagian ini juga diperlukan ketika terjadi sebuah komplain dari konsumen anda. Sehingga diperlukan sebuah manajemen dan koordinasi yang berkesimbanungan antar masing-masing departemen untuk mensukseskan kegiatan manajemen pemasaran ini.

Kesimpulan
Manajemen pemasaran akan menjadi sebuah kegiatan yang optimal di dalam menunjang keberhasilan sebuah perusahaan dengan hubungan yang berkesinambungan dengan bagian yang lain.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan