PEMBENTUKAN HARGA PADA PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Setelah memahami tentang ciri-ciri pasar persaingan sempurna serta keunggulan dan kelemahan pasar persaingan sempurna dalam pembahasan sebelumnya, maka untuk melengkapi pemahaman tentang pasar persaingan sempurna dalam post ini akan dibahas proses terbentuknya harga pada pasar persaingan sempurna.



Pada pasar persaingan sempurna, pembentukan harga ditentukan oleh mekanisme pasar atau suatu kekuatan tarik-menarik antara permintaan dan penawaran di pasar. Harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan kegiatan penjual dan pembeli secara keseluruhan. Karakteristik atau ciri pasar persaingan sempurna yang pertama menyatakan, bahwa penjual dan pembeli berjumlah banyak sehingga secara perseorangan tidak mampu memengaruhi pasar. Hal ini berarti berapa pun jumlah barang yang ditawarkan penjual, semuanya akan laku tanpa mengalami penurunan harga (harga tidak berubah), karena memang penjual dan pembeli secara perseorangan tidak akan mampu mengubahnya. Keadaan tersebut digambarkan dengan kurva berikut.
terbentuknya harga dalam pasar persaingan sempurna

Dari kurva tersebut tampak bahwa berapa pun jumlah yang ditawarkan semuanya akan laku dengan harga tetap atau tidak berubah, yakni sebesar 0P. Akan tetapi, apabila pembeli dan penjual bertindak secara bersama-sama maka mereka akan mampu memengaruhi harga pasar. Contohnya, bila pembeli secara bersama-sama hanya bersedia membeli dengan harga rendah maka penjual terpaksa menjual dengan harga rendah. Akan tetapi, akibatnya pembeli akan kesulitan mencari barang atau jasa yang diperlukannya karena hanya sedikit penjual yang mau menawarkan barang atau jasanya dengan harga serendah itu. Dengan demikian, harga akan bertambah naik. Naiknya harga tentu akan menambah penawaran sehingga satu saat pada harga tertentu, jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Harga pada posisi ini disebut dengan istilah Harga Keseimbangan atau harga pasar. Singkat kata, dalam pasar persaingan sempurna harga yang terbentuk di pasar benar-benar merupakan hasil tarik-menarik antara permintaan dan penawaran. Dan bila digambarkan,kurva permintaan dan penawaran akan berbentuk normal seperti berikut.

Kurva permintaan dan penawaran pasar persaingan sempurna

Demikianlah pembahasan tentang pembentukan harga pada pasar persaingan sempurna yang dapat dijelaskan dalam blog ekonomi kontekstual. Semoga post ini dapat bermanfaat bagi anda dalam meningkatkan pemahaman anda tentang pasar persaingan sempurna. Setelah menguasai materi pembahasan ini dengan baik maka diharapkan saudara dapat memahami pembahasan pasar persaingan tidak sempurna.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan