MENDESKRIPSIKAN JENIS-JENIS PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

jenis pasar persaingan tidak sempurna
Setelah dilakukan pembahasan tentang pasar persaingan sempurna maka untuk melengkapi pemahaman kita tentang pasar barang atau pasar out put, dalam pembahasan ini akan dipaparkan jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna. Sekedar mereview bahwa pasar barang mempunyai dua kelompok besar yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai pasar yang memiliki banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak mampu memengaruhi harga pasar, sedangkan pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar persaingan sempurna yang tidak lengkap ciri-cirinya, contohnya bila jumlah penjual tidak banyak misalnya pasar hanya didominasi oleh satu atau beberapa penjual saja sehingga penjual bisa leluasa mengubah harga. Atau pasar yang hanya didominasi oleh satu atau beberapa pembeli sehingga pembeli mampu menekan harga dan membeli dengan harga rendah seperti yang diinginkannya.


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai pasar persaingan tidak sempurna. Ciri pasar persaingan tidak sempurna adalah bila satu atau beberapa ciri dari pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar sempurna yang tidak lengkap ciri-cirinya. Di Indonesia banyak contoh pasar persaingan tidak sempurna, seperti pasar BBM (dikuasai satu penjual atau produsen yakni Pertamina), pasar telepon (dikuasai beberapa penjual atau produsen, yakni PT Telkom,PT Indosat dan sebagainya), pasar mobil (dikuasai beberapa produsen), dan lain-lain. Berdasarkan jumlah penjual dan jumlah pembeli, ada beberapa bentuk pasar persaingan tidak sempurna, berdasarkan jumlah penjual terdiri dari pasar monopoli, monopolistik, pasar duopoli,dan pasar oligopoli sedangkan berdasarkan pembelinya terdiri dari pasar persaingan monopsoni dan pasar oligopsoni. Deskripsi dari jenis pasar persaingan tidak sempurna sebagaimana yang disebutkan di atas adalah sebagai berikut:


Jenis pasar berdasarkan jumlah penjualnya terdiri dari pasar monopoli yaitu pasar yang dikuasai oleh satu penjual atau satu perusahaan, pasar oligopoli adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual, pasar duopoli adalah pasar yang dikuasai oleh dua penjual, pasar monopolistik yaitu pasar yang mempunyai jumlah penjual atau produsen banyak, walaupun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna dan pada pasar ini setiap perusahaan memiliki kekuasaan monopoli walau kecil, yakni sebatas pada barang yang diproduksinya sendiri.Sedangkan jenis pasar menurut jumlah pembelinya terdiri dari pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli, pasar oligopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.

Demikianlah pembahasan tentang jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna. Semoga setelah membaca post ini pengetahuan anda tentang pasar persaingan tidak sempurna semakin meningkat. Selengkapnya tentang pembahasan masing-masing jenis pasar persaingan tidak sempurna secara detail akan dibahas pada artikel selanjutnya. Untuk menguasai masing-masing jenis pasar persaingan tidak sempurna dengan baik maka disarankan kepada anda untuk memahami artikel memahami pasar monopoli dengan benar, memahami pasar oligopoli dengan benar, memahami pasar monopolistik dengan benar, memahami pasar monopsoni dengan benar dan memahami pasar oligopsoni dengan benar.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan