MEMAHAMI DEFINISI DAN CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Bursa efek indonesia adalah contoh pasar persaingan sempurna
Selamat datang para calon generasi sukses!!! Saya yakin saudara sekarang sedang belajar tentang pasar persaingan sempurna, jika saudara ingin belajar tentang pasar persaingan sempurna maka kenalilah definisi dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna terlebih dahulu kemudian baru anda memahami aspek-aspek lainnya dari pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna merupakan salah satu pasar yang memiliki banyak pembeli dan penjual sehingga masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak mampu memengaruhi harga pasar. Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk pasar yang paling baik dan ideal, karena pasar ini mampu menjamin terjadinya kegiatan produksi yang sangat efisien. Namun, dalam kenyataannya hampir tidak ada satu pun pasar yang bisa memenuhi seluruh ciri pasar persaingan sempurna. Selalu saja ada salah satu ciri yang tidak dipenuhi. Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.


a. Jumlah Pembeli dan Penjual Sangat Banyak
Karena jumlah penjual dan pembeli sangat banyak maka masing-masing pembeli dan penjual secara individual (perseorangan) tidak akan mampu memengaruhi harga pasar. Tak akan ada gunanya seorang pembeli menawar harga karena penjual tidak akan menurunkannya sebab masih banyak pembeli yang lain. Tak ada gunanya pula seorang penjual menaikkan harga karena seluruh pembeli akan segera berpindah ke penjual lain. Keadaan ini sangat berbeda dengan pasar persaingan tidak sempurna yang kadang-kadang hanya ada satu penjual atau produsen yang menguasai penjualan barang sehingga dapat seenaknya menaikkan harga, dan konsumen tidak bisa berpindah ke penjual atau produsen lain.

b. Barang dan Jasa yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen
Bersifat homogen berarti barang dan jasa yang diperjualbelikan memiliki ciri dan kualitas yang sama. Konsumen pun beranggapan bahwa antara barang dan jasa satu dengan yang lain tidak memiliki perbedaan

c. Pembeli dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar dengan Sempurna
Mengetahui keadaan pasar dengan sempurna, artinya pembeli mengetahui keadaan, kualitas dan harga barang maupun jasa yang akan dibeli. Demikian juga dengan penjual, bila seorang penjual atau produsen menaikkan harga barang untuk mencari laba lebih banyak maka pembeli akan segera beralih ke penjual lain. Akan tetapi, bila ada penjual yang berani menurunkan harga maka pembeli akan berbondong-bondong membeli ke penjual tersebut. Ini bisa terjadi karena pembeli mengetahui dengan baik
tentang kualitas dan harga barang.

d. Pembeli dan Penjual Bebas Keluar Masuk Pasar
Pasar persaingan sempurna memberikan kebebasan bagi penjual untuk berdagang dan pembeli untuk berbelanja. Bila sewaktu-waktu penjual atau pembeli ingin keluar dari pasar maka pasar tidak akan menghalanginya. Dengan kata lain, siapa pun bebas keluar masuk pasar.


e. Faktor-Faktor Produksi Bebas Bergerak
Dalam pasar ini, faktor-faktor produksi seperti bahan baku, tenaga kerja, mesin, dan pengusaha dapat bebas bergerak ke mana pun tanpa ada halangan. Pemerintah tidak turut campur dalam menentukan harga atau memberikan fasilitas khusus bagi produsen tertentu. Dengan demikian, mekanisme yang terjadi dalam pasar ini benar-benar bebas dari campur tangan pemerintah.

f. Tidak Ada Campur Tangan Pemerintah
Dalam kenyataan, keadaan pasar yang memenuhi seluruh ciri pasar persaingan sempurna tidak pernah ada seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Yang ada hanyalah pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna, seperti pasar yang menjual hasil pertanian, contoh: pasar buah, pasar sayur, pasar jagung, pasar kedelai, dan lain-lain. Begitu banyaknya hasil pertanian yang dihasilkan oleh banyak petani,

yang dijual secara bersamaan saat panen, akan menyulitkan pembeli untuk mengetahui perbedaan produk petani yang satu dengan petani yang lain. Petani secara perseorangan tidak akan mampu memengaruhi harga pasar yang sudah terbentuk. Bila seorang petani berani menaikkan harga maka pembeli akan segera berpindah ke petani yang lain.

Demikianlah pembahasan tentang definisi dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dalam blog ekonomi kontekstual, semoga materi ini dapat dipahami dengan baik sehingga akan meningkatkan prestasi belajar ekonomi khususnya bagi siswa SMA/MA kelas X. Setelah memahami ciri-ciri pasar persaingan sempurna dengan baik maka disarankan kepada saudara untuk memahami artikel tentang kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan