KEBAIKAN DAN KEBURUKAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

penjelasan Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna
Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang definisi dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna secara detail. Diharapkan saudara telah memahami artikel tersebut sebelum memahami artikel ini yaitu tentang kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna memiliki kebaikan dan keburukan. Adapun kebaikan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.
a. Mampu mendorong efisiensi dalam produksi
Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan produsen berjumlah banyak, sehingga antarpenjual atau produsen akan berusaha membuat produk dengan mutu yang baik dengan biaya sehemat mungkin. Lain halnya bila jumlah produsen hanya satu seperti pada pasar monopoli, produsen cenderung akan kurang efisien dalam berproduksi karena tidak ada saingan.

b. Tidak memerlukan iklan
Karena barang dan jasa bersifat homogen (serba sama) maka para produsen atau penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan. Percuma beriklan, karena memang barang dan jasa yang dijual serba sama.

c. Pembeli dan penjual bebas bertindak
Pasar persaingan sempurna memberikan keleluasaan bagi penjual untuk keluar masuk pasar kapan saja. Siapa saja yang memiliki modal bisa segera masuk sebagai penjual atau produsen, dan siapa saja yang merasa rugi bisa segera keluar dari pasar. Demikian juga dengan pembeli, kapan saja pembeli bisa berbelanja kebutuhannya tanpa ada yang menghalangi.

d. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli
Pada pasar persaingan sempurna harga yang terbentuk benar-benar merupakan hasil tarik-menarik seluruh permintaan dan seluruh penawaran. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual yang bisa merugikan para pembeli. Harga juga tidak dikendalikan oleh satu pembeli yang bisa merugikan para penjual.


Selain memiliki kebaikan, pasar persaingan sempurna juga memiliki keburukan, sebagai berikut.
a.Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk
Karena laba yang diperoleh produsen atau penjual dalam pasar ini bersifat normal (secukupnya) maka produsen atau penjual tidak mampu menyisihkan dana untuk melakukan penelitian dan pengembangan produk. Dengan demikian, inovasi (penemuan baru) akan lambat diperoleh dalampasar ini.

b. Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli
Karena barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen (serba sama) maka konsumen tidak bisa memilih sesuai selera dan tingkat pendapatannya.

c. Pekerja menerima upah atau gaji rendah 
Demi efisiensi  biaya produksi, kadang kala produsen atau penjual memberikan upah atau gaji yang terlalu rendah bagi pekerjanya.

Demikianlah pembahasan tentang kebaikan dan kebutukan pasar persaingan sempurna. Setelah menguasai materi ini maka disarankan kepada anda untuk memahami proses terbentuknya harga dalam pasar persaingan sempurna.

1 komentar:

  1. waaaah thanks gan infonya sangat membantu, buat referensi presentasi manajemen pemasaran hari

    ReplyDelete

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan