CARA MENGHITUNG HARGA DAN JUMLAH KESEIMBANGAN DENGAN BENAR

Setelah dibahas tentang pengertian harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan, maka dalam post ini akan dibahas tentang cara menghitung harga dan jumlah keseimbangan. Untuk menghitung harga dan jumlah keseimbangan berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran maka dapat menggunakan rumus syarat keseimbangan, yaitu sebagai berikut:

Qd = Qs atau Pd =Ps


Keterangan:
Qd = jumlah yang diminta
Pd = harga yang diminta
Qs = jumlah yang ditawarkan
Ps = harga yang ditawarkan


Berdasarkan rumus diatas maka terlihat ada dua buah rumus yang pertama Qd = Qs dan yang kedua Pd = Ps, lalu kapan kita gunakan rumus yang pertama kapan kita menggunakan rumus yang kedua? Kita dapat menggunakan rumus yang pertama jika dalam soal fungsi yang diketahui dalam bentuk Q = ..., sedangkan kita menggunakan rumus yang kedua ketika dalam soal diketahui dalam bentuk P = ...,Agar lebih memahami langkah dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan maka dibawah ini diberikan beberapa contoh soal dan pembahasanya, silahkan pahami penjelasan berikut ini:

rumus yang digunakan untuk mencari harga keseimbangan

Contoh pertama:
Diketahui fungsi permintaan Qd = 40 – P dan fungsi penawaran Qs = 4P –50. Tentukanlah berapa harga dan jumlah keseimbangan!

Jawab: Syarat keseimbangan adalah Qd = Qs
         Qd =  Qs
     40 – P =  4P – 50
   - P – 4P =  -50 – 40
       - 5P =  -90
          P =  -90 : -5   
          P = 18

Diperoleh harga keseimbangan (P) = 18. Untuk mencari jumlah keseimbangan (Q) kita harus memasukkan harga keseimbangan sebesar 18 ke salah satu fungsi di atas boleh memasukan ke dalam fungsi permintaan boleh memasukan ke dalam fungsi penawaran.

         Q = 40 – P
         Q = 40 – 18
         Q = 22

Berdasarkan perhitungan di atas maka didapat jumlah keseimbangan sebesar 22.


Contoh kedua:
Diketahui:
Fungsi permintaan Pd = –2Q + 150 dan fungsi penawaran Ps = Q + 60. Tentukanlah harga dan jumlah keseimbangannya!

Jawab:
Syarat keseimbangan adalah Pd = Ps
        Pd = Ps
 –2Q + 150 = Q + 60
 –2Q – Q   = 60 – 150
       –3Q = – 90
         Q = 30

Diperoleh jumlah keseimbangan sebesar 30. Untuk mencari harga keseimbangan, maka kita harus memasukan jumlah keseimbangan yang telah ditemukan yaitu sebesar 30 ke dalam salah satu fungsi, boleh permintaan maupun fungsi penawaran, pilihlah yang menurut anda mudah.

        P = Q + 60
        P = 30 – 60
        P = 90

Maka diperoleh harga keseimbangan sebesar 90.

KESIMPULAN:
Dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan maka kita harus menggunakan rumus syarat keseimbangan Qd = Qs atau Pd = Ps. Kita dapat menggunakan salah satu syarat keseimbangan dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan pilihlah salah satu syarat sesuai dengan data yang diketahui dalam soal. Semoga pembahasan yang sedikit ini membawa manfaat bagi penulis dan bagi saudara. Setelah menguasai pembahasan ini dengan baik maka disarankan kepada saudara untuk memahami cara menggambar kurva keseimbangan dengan benar.

CARA MENGHITUNG HARGA DAN JUMLAH KESEIMBANGAN DENGAN BENAR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Pujianto

4 komentar:

  1. diketaui fungsi permintaan Qd= 40 -p dan fungsi penawaran 4Ps = Q + 40 . tentukanla berapa arga dan jumla keseimbangan .

    ReplyDelete
  2. Untuk mencari harga dan keseimbangan harus menggunakan formula Qd = Qs atau Pd = Ps
    Qd = Qs
    40-p = 4p-40
    -5P = -40 - 40
    -5P = -80
    P = -80 : -5
    P = 16, jadi P=Rp 16, langkah berikutnya mencari Q
    Q = 40-P
    Q = 40 - 16
    Q = 24 unit,,semoga dapat membantu

    ReplyDelete
  3. makasih yah mba liya wati atas komen soalnya . makasih yah mas andi atas jawaban soalnya .. aq jadi mengertii .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama semoga artikel tentang langkah perhitungan harga dan jumlah keseimbangan ini dapat memudahkan para pembaca dalam belajar equilibrium price dengan baik

      Delete

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan