Materi Terbaru

CARA MENGGAMBAR KURVA HARGA KESEIMBANGAN DENGAN BENAR

Dalam pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang cara menghitung harga dan jumlah keseimbangan. Untuk melengkapi pembahasan tentang equilibrium price atau harga keseimbangan maka dalam post ini akan dijelaskan cara menggamabar kurva keseimbangan harga dengan benar. Untuk dapat menggambar kurva harga keseimbangan maka terlebih dahulu harus mencari titik potong sumbu P dan titik Potong sumbu Q dari fungsi permintaan dan fungsi penawaran, setelah titik potong sumbu Q dan titik Potong sumbu P untuk fungsi permintaan dan fungsi penawaran ditemukan maka dari titik potong tersebut ditarik garis, sehingga dihasilkan kurva permintaan dan kurva penawaran yang akan berpotongan. Dari perpotongan kurva permintaan dan kurva penawaran didapat titik keseimbangan (E). Ketika mencari titik potong sumbu Q pada fungsi permintaan atau fungsi penawaran maka syaratnya nilai P harus sama dengan nol (0) sedangkan untuk menetukan titik potong sumbu P maka nilai Q harus sama dengan nol (0). Untuk lebih jelasnya silahkan pahami, Contoh berikut:

Diketahui fungsi permintaan Pd = –2Q + 150 dan fungsi penawaran Ps = Q + 60. Tentukanlah harga dan jumlah keseimbangannya serta gambarlah kurva harga keseimbangan!


Jawab:
Menentuka Titik potong sumbu Q dan P untuk fungsi permintaan:
Mencari titik potong sumbu Q (syarat P = 0)    
     P = -2Q + 150
     0 = -2Q +150
    2Q = 150
     Q = 75......... dengan demikian diperoleh titik (75,0)

Mencari titik potong sumbu P (syarat Q = 0)    
     P = -2Q + 150
     P = -2(0) +150
     P = 150......... dengan demikian diperoleh titik (0,150)

Menentuka Titik potong sumbu Q dan P untuk fungsi penawaran:
Mencari titik potong sumbu Q (syarat P = 0)    
    P = Q + 60
    0 = Q +60
    Q = -60
    Q = -60......... dengan demikian diperoleh titik (-60,0)

Mencari titik potong sumbu P (syarat Q = 0)    
   P = Q + 60
   P = (0) +60
   P = 60......... dengan demikian diperoleh titik (0,60)

Menentukan Harga dan jumlah keseimbangan (titik keseimbangan):
Syarat keseimbangan adalah Pd = Ps
             Pd = Ps
      –2Q + 150 = Q + 60
      –2Q – Q   = 60 – 150
            –3Q = – 90
              Q = 30

Diperoleh jumlah keseimbangan sebesar 30. Untuk mencari harga keseimbangan, kita harus memasukan jumlah keseimbangan sebesar 30 ke fungsi permintaan atau ke fungsi penawaran.
              P = Q + 60
              P = 30 – 60
              P = 90

Maka diperoleh harga keseimbangan sebesar 90.  Dengan demikian titik keseimbangan yang diperoleh adalah (30, 90)
Berdasarkan empat buah titik potong dan 1 titik keseimbangan, maka dapat dibuat kurva keseimbangan harga berikut ini:         

Kurva harga keseimbangan pasar

KESIMPULAN:
Dalam menggambar kurva harga keseimbangan maka terlebih dahulu harus diketahui titik potong sumbu Q dan P untuk fungsi permintaan dan fungsi penawaran, sedangkan untuk menyempurnakan gambar maka kita cari titik keseimbangannya sehingga gambar yang dihasilkan sempurna. Sebenarnya dengan mencari titik potong sumbu Q dan P fungsi permintaan dan penawaran kurva harga keseimbangan sudah dapat digambar, namun untuk menghindari kesalahan dalam menggambar maka untuk meminimalkan tingkat kesalahan dihitung juga titik keseimbangannya. Demikianlah pembahasan tentang cara menggambar kurva harga keseimbangan, semoga pembahasan ini dapat menjadi bagian dari kesuksesan saudara, setelah menguasai pembahasan ini dengan baik maka disarankan kepada anda untuk memahami pengertian elastisitas permintaan dan penawaran.

Advertisement

0 Response to "CARA MENGGAMBAR KURVA HARGA KESEIMBANGAN DENGAN BENAR"

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan