CARA MENGGAMBAR KURVA PENAWARAN SECARA TEPAT

Bagaimana cara menggambar kurva penawaran dari sebuah fungsi penawaran? Jika saudara sedang mencari tahu tentang cara menggambar kurva penawaran berdasarkan fungsi penawaran, maka saudara sangat tepat membuka halaman ini. Dalam konten ini akan dibahas tentang langkah-langkah menggambar sebuah kurva penawaran berdasarkan fungsi penawaran. Sebelum memahami pembahasan dalam konten ini, maka saya anggap saudara sudah mengetahui apa itu fungsi penawaran, jika saudara belum mengetahuinya maka saudara disarankan memahami terlebih dahulu pembahasan tentang cara menemukan fungsi penawaran dengan benar.



Setelah saudara menguasai pembahasan terkait fungsi penawaran secara tuntas, maka untuk menunjang pemahaman saudara tentang konsep penawaran maka saudara dianjurkan untuk menguasai langkah menggambar kurva penawaran berdasarkan fungsi penawaran.  Cara menggambar kurva penawaran berdasarkan fungsi penawaran syaratnya adalah harus menentukan titik potong sumbu Q dan Titik potong sumbu P,  sama seperti ketika menggambar kurva permintaan dari fungsi permintaan. Untuk menentukan titik potong sumbu Q maka nilai P harus sama dengan nol (0) sedangkan ketika menentukan titik potong sumbu P maka nilai Q harus sama dengan nol (0).

Contoh Soal
Gambarlah Kurva Penawaran berdasarkan fungsi Qs = – 10 + 10P !

Pembahasan :
Untuk dapat menggambarkan kurva penawaran dari fungsi Qs = -10 + 10P maka pertama yang harus dilakukan adalah menentukan titik potong sumbu Q, langkah kedua adalah menentukan titik potong sumbu P. Ketika menentukan titik potong sumbu Q maka nilai P harus sama dengan nol, hal ini berarti kita harus mengganti P dengan angka 0 sehingga fungsinya menjadi Q = -10 + 10 (0). Sedangkan ketika menentukan titik potong sumbu P maka nilai Q harus sama dengan nol, hal ini berarti kita harus mengganti Q dengan angka nol (0) sehingga fungsinya menjadi 0 = -10 + 10P. Lebih lengkapnya perhatikan perhitungan berikut ini:

Diketahui Qs = –10 + 10P
Langkah 1 menentukan titik potong sumbu Q
Syarat Nilai P = 0
Qs = –10 + 10P
Qs = –10 + 10(0)
Qs = –10 + 0
Qs = –10
Sehingga didapat titik (-10,0)


Langkah 2 menentukan titik potong sumbu P
Syaratnya Nilai Q = 0
Qs = –10 + 10P
  0 = –10 + 10P
–10P = –10
   P = -10 / -10
   P = 1
Sehingga didapat titik (0,1)

Dari Kedua titik potong yang telah ditemukan, yaitu titik potong sumbu Q (-10,0) dan titik potong sumbu P(0,1) maka sekarang dapat menggambar kurva penawaran dengan cara menghubungkan kedua titik potong tersebut dengan sebuah garis. Secara lengkap kurva penawaran yang dapat digambar adalah sebagai berikut:

pembuatan kurva penawaran berbentuk linear dari sebuah fungsi penawaran

KESIMPULAN:
Kurva penawaran dapat dibuat dari sebuah fungsi penawaran. Untuk dapat menggambar kurva penawaran dari sebuah fungsi penawaran, maka ada dua langkah yang harus ditempuh yaitu menentukan titik potong sumbu Q dan menentukan titik potong sumbu P. Ketika menentukan titik potong sumbu Q maka syaratnya nilai P harus sama dengan nol sedangkan untuk menentukan titik potong sumbu P syaratnya nilai Q harus sama dengan nol (0). Setelah menguasai cara menggambar kurva penawaran berdasarkan fungsi penawaran, maka disarankan kepada saudara untuk memahami cara menentukan harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan dengan pendekatan matematis yang dapat dipahami dalam blog ekonomi kontekstual.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan