SOAL DAN PEMBAHASAN ULANGAN EKONOMI BAB DUA KELAS X

Setelah mempelajari bab kedua dalam mata pelajaran ekonomi yaitu tentang kegiatan ekonomi produsen dan konsumen, maka untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) diperlukan suatu tes untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik, apakah telah tuntas atau belum tuntas. Berikut ini disajikan contoh soal ulangan ekonomi bab dua kelas X yang dapat menjadi referensi bagi para pendidik untuk melakukan tes kepada para siswanya, sedangkan bagi siswa dapat menjadikan soal dan pembahasan berikut ini sebagai alat bantu dalam melatih diri untuk menghadapi tes yang diselenggarakan masing-masing sekolah. Silahkan pahami soal berikut ini dan berlatihlah untuk menjawabnya semampu saudara.



Soal Ulangan Bab dua Kelas X dengan kode soal (A)

Jawablah soal berikut ini dengan benar sesuai dengan kemampuan saudara.

1. Jelaskan bunyi Hukum Gossen yang kedua (Hukum Gossen 2)!
2. Seorang produsen Rak Buku melakukan produksi lemari dengan menggunakan dua faktor produksi yaitu mesin produksi dan tenaga kerja, secara lebih lengkap dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

tabel soal perhitungan Marginal produk

Berdasarkan tabel di atas hitunglah nilai marginal produk (MP)! jika anda seorang produsen berapakah jumlah tenaga kerja yang anda gunakan untuk menjalankan usaha anda sesuai ilustrasi di atas?

3. Dalam circulair flow diagram 3 sektor terdiri dari tiga pelaku ekonomi yaitu RTK, RTP dan Pemerintah, buatlah gambar circulair flow diagram 3 sektor disertai penjelasanya!

Soal Ulangan bab kedua Kelas X dengan kode soal (B)

Jawablah soal berikut ini dengan benar sesuai dengan kemampuan saudara.

1. Jelaskan bunyi Hukum Gossen yang Pertama (Hukum Gossen 1)!
2. Seorang produsen Rak Buku melakukan produksi rak buku dengan menggunakan dua faktor produksi yaitu mesin produksi dan tenaga kerja, secara lebih lengkap dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

Tabel soal perhitungan produk marginal

Berdasarkan tabel di atas hitunglah nilai marginal produk (MP)!jika anda seorang produsen berapakah jumlah tenaga kerja yang anda gunakan untuk menjalankan usaha anda sesuai ilustrasi di atas?

3. Dalam circulair flow diagram 3 sektor terdiri dari tiga pelaku ekonomi yaitu RTK, RTP dan Pemerintah, buatlah gambar circulair flow diagram 3 sektor disertai penjelasanya!

Setelah membaca dan memahami maksud soal diatas dan berlatih menjawabnya, maka silahkan saudara cocokan jawaban saudara dengan kunci jawaban berikut ini:

Pembahasan soal ulangan ekonomi bab dua kode (A)



1. Bunyi hukum gossen II yaitu "manusia akan berusaha memenuhi bermacam-macam kebutuhannya Sedapat-dapatnya sampai pada tingkat intensitas yang sama". Untuk mengetahui lebih detai tentang hukum gossen II silahkan pahami dalam artikel penerapan hukum gossen 2 dalam kehidupan manusia
2. Nilai MP dapat dihitung dengan rumus MP = delta TP atau TP (n)- TP (n-1)
Dengan Menggunakan rumus di atas maka nilai MP dapat diketahui seperti dalam tabel berikut:

Tabel perhitungan produk marginal dalam teori produksi

Jika saya menjadi produsen rak buku sesuai dengan ilustrasi diatas maka saya akan menggunakan tiga tenaga kerja, karena ketika menggunakan tiga tenaga kerja menghasilkan nilai marginal produk tertinggi yaitu sebesar 5 sehingga tingkat keuntungan yang didapat lebih besar dibandingkan dengan penggunaan tenaga kerja selain tiga orang. Dalam tabel terlihat bahwa ketika terjadi penambahan tenaga kerja dari 1 menjadi 2 maka tambahan output (MP) terjadi peningkatan dari 6 menjadi 8 begitu juga ketika tenaga kerja ditambahkan menjadi 3 maka terjadi peningkatan juga pada nilai MP, namun ketika jumlah tenaga kerja ditambahkan lagi menjadi 4 tenaga kerja hingga 6 tenaga kerja terjadi penurunan dalam nilai MP atau tambahan output (tambahan hasil produksi), mengapa demikian? hal ini terjadi karena telah berlaku "the law of deminishing of return", untuk memahami lebih dalam tentang the law deminishing of return silahkan pahami dalam artikel membahas fungsi produksi dan teori produksi secara tepat

Pembahasan soal ulangan ekonomi bab dua kode (B)

1. Bunyi hukum gossen I yaitu "Jika pemenuhan suatu kebutuhan dipenuhi secara terus menerus maka tingkat kenikmatannya semakin lama semakin menurun hingga menjadi nol". Untuk memahami lebih dalam tentang hukum gossen I silahkan pahami dalam artikel analisis hukum gossen I.

2.Nilai MP dapat dihitung dengan rumus MP = delta TP atau TP (n)- TP (n-1)
Dengan Menggunakan rumus di atas maka nilai MP dapat diketahui seperti dalam tabel berikut:

tabel perhitungan produk marginal

Jika saya menjadi produsen rak buku sesuai dengan ilustrasi diatas maka saya akan menggunakan tiga tenaga kerja, karena ketika menggunakan tiga tenaga kerja menghasilkan nilai marginal produk tertinggi yaitu sebesar 10 sehingga tingkat keuntungan yang didapat lebih besar dibandingkan dengan penggunaan tenaga kerja selain tiga orang.

Jawaban No 3 untuk soal A dan B adalah sebagai berikut:
3. Gambar Circulair Flow tiga sektor yaitu sebagai berikut:

Gambar arus diagram perekonomian tiga sektor

Hubungan antara Rumah tangga Konsumen dengan Rumah Tangga Produsen:
Dalam pasar faktor produksi RTK menyediakan faktor produksi yg digunakan RTP untuk menghasilkan produk sehingga muncul arus faktor produksi  dari RTK ke RTP dan arus pendapatan dari Rumah tangga produsen menuju rumah tangga konsumen. Dalam pasar barang RTK membeli produk dari RTP sehingga muncul arus barang dari RTP ke RTK dan arus uang dari RTK ke RTP
Hubungan Pemerintah dengan Rumah tangga konsumen dan Rumah tangga produsen:

Pemerintah memberi subsidi kepada RTK dan RTP sebaliknya RTK dan RTP membayar Pajak kepada pemerintah. Pemerintah juga melakukan konsumsi barang dan jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen serta menggunakan faktor produksi yang disediakan rumah tangga konsumen sehingga sebagai timbal baliknya timbul arus uang menuju rumah tangga produsen karena pembelian barang dan jasa, serta arus uang menuju rumah tangga konsumen karena pembayaran gaji pegawai dan penggunaan faktor produksi lainnya.
Untuk memahami lebih detail tentang circulair flow diagram silahkan saudara pahami dalam artikel mendeskripsikan circulair flow diagram dengan benar

Demikianlah penyajian Soal dan pembahasan ulangan ekonomi bab dua kelas X disertai pembahasanya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saudara, salam sukses.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan