PENGERTIAN DAN JENIS PERMINTAAN ATAU DEMAND

Jenis permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah pemintanya
Setelah menuntaskan pembahasan konsep ekonomi terkait kegiatan ekonomi produsen dan konsumen yang dimulai dari pembahasan hukum gossen 1, maka dalam pembahasan ini akan dijelaskan konsep ekonomi terkait permintaan dan penawaran. Untuk mengawali pembahasan tentang konsep permintaan maka dalam post ini akan dibahas tentang pengertian dan jenis permintaan atau demand. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta atau dibeli oleh konsumen pada waktu tertentu dan pada harga tertentu. Secara sederhana maka dalam definisi permintaan terdapat tiga poin penting yang melekat yaitu poin pertama adalah jumlah produk (barang atau jasa) yang diminta, yang kedua adanya tingkat harga dan yang ketiga terjadi dalam periode waktu tertentu. Permintaan dapat dikelompokkan berdasarkan daya beli dan Jumlah konsumen.


Jenis Permintaan berdasarkan daya Beli

Jenis permintaan berdasarkan daya beli terdiri dari tiga macam, yaitu permintaan absolut, permintaan potensial, dan permintaan efektif secara lebih lengkap tentang jenis permintaan dapat dipahami dalam uraian berikut ini:

1) Permintaan absolut
Merupakan permintaan yang tidak disertai daya beli atau permintaan yang tidak disertai dengan kemampuan membeli. Jadi, hanya sekedar menginginkan tapi tidak mampu membeli. Contoh permintaan absolut misalnya abdullah menginginkan sepeda motor, namun abdullah tidak mempunyai uang untuk membeli sepeda motor seperti yang diinginkannya.

2) Permintaan potensial
merupakan permintaan yang disertai daya beli, tetapi belum digunakan untuk membeli barang atau jasa yang diinginkan. Contoh permintaan potensial, Rani mempunyai uang Rp 1.000.000 dan dia mempunyai keinginan untuk memiliki baju baru, sehingga rani pada hari minggu pergi ke supermarket untuk membeli baju, namun setelah sampai disupermarket dan melihat-lihat baju yang dijual disana ternyata tidak ada baju seperti yang diinginkan rani sehingga rani tidak jadi membeli baju.

3) Permintaan efektif
merupakan permintaan yang disertai daya beli dan sudah digunakan untuk membeli barang atau jasa yang diinginkan. Contoh permintaan efektif, misalnya daman merasa sangat lapar sehingga pada saat jam istirahat disekolahnya daman memutuskan membeli bakso dikantin sekolah dengan uang saku yang dimilikinya.


Jenis Permintaan berdasarkan jumlah peminta

Jenis permintaan berdasarkan jumlah peminta atau jumlah konsumen terdiri dari dua jenis yaitu permintaan individu atau permintaan perorangan dan permintaan kolektif atau permintaan pasar, secara lebih detail tentang jeis permintaan individu dan permintaan pasar dapat dibaca dalam paparan dibawah ini:

1) Permintaan individu
Permintaan individu merupakan permintaan yang berasal dari seseorang atau permintaan yang berasal dari masing-masing personal, Contoh permintaan individu, misalnya Azam menginginkan satu es krim sehingga dia membeli satu es krim, Furkon menginginkan 3 es krim sehingga furkon membeli 3 es krim, ardi menginginka 4 es krim sehingga ardi membeli 4 es krim. Berdasarkan contoh ini maka terdapat tiga permintaan yaitu; permintaan dari Azam, permintaan dari furkon dan permintaan dari ardi.

2) Permintaan kolektif atau permintaan pasar
Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah permintaan yang merupakan kumpulan dari permintaan individu atau permintaan yang dilakukan oleh sekelompok individu atau masyarakat secara keseluruhan dalam waktu yang sama. Contoh permintaan pasar, permintaan terhadap es krim seperti yang dilakukan azam, furkon dan ardi jika dijumlahkan maka disebut permintaan kolektif atau permintaan pasar, jadi permintaan pasar terhadap es krim adalah sebanyak 8 es krim ( permintaan 1 es krim oleh azam + permintaan 3 es krim oleh furkon + permintaan 4 es krim oleh ardi).

KESIMPULAN
Permintaan adalah jumlah produk yang dapat berupa barang maupun jasa yang diminta atau dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu dalam kurun waktu tertentu. Permintaan dapat dikelompokan berdasarkan daya beli dan berdasarkan jumlah pemintanya atau konsumennya. Berdasarkan daya belinya terdiri dari permintaan absolut, permintaan potensial dan permintaan efektif sedangkan berdasarkan jumlah pemintanya terdiri dari permintaan individu dan permintaan pasar. Demikianlah pembahasan tentang makna permintaan dan jenis permintaan dalam blog ekonomi kontekstual, untuk selanjutnya disarankan saudara memahami tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan