CARA MENGGAMBAR KURVA PERMINTAAN BERDASARKAN FUNGSI PERMINTAAN

Dalam post sebelumnya tentang cara mencari fungsi permintaan, telah dijelaskan bagaimana mencari fungsi permintaan, nah setelah ditemukan fungsi permintaan maka kita dapat menggambar kurva permintaan berdasarkan fungsi permintaan. Bagaimanakan menggambar kurva permintaan berdasarkan fungsi permintaan? Dalam post ini akan dijelaskan secara tuntas tentang cara menggambar kurva permintaan berdasarkan fungsi permintaan.



Untuk dapat menggambar kurva permintaan dari sebuah fungsi permintaan, maka kita harus menentukan dua buah titik potong yaitu titik potong sumbu Q dan titik potong sumbu P. Untuk mentukan titik potong sumbu Q maka syaratnya nilai P harus 0 (nol) sedangkan untuk menentukan titik potong sumbu P maka nilai Q harus sama dengan nol (0). Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini:

Diketahui fungsi permintaan bubur ayam adalah Qd = 30 – 2P. Untuk menggambar kurva berdasarkan fungsi permintaan tersebut, kita harus menentukan titik potong sumbu Q dan titik potong sumbu P terlebih dahulu (hal ini karena fungsi permintaan bubur ayam tersebut berbentuk garis lurus atau linear). Sebagaimana yang disebutkan di atas untuk menentukan titik potong sumbu Q maka nilai P harus sama dengan nol (0) sehingga untuk menentukan titik potong sumbu Q gantilah huruf P yang terdapat dalam fungsi permintaan tersebut dengan angka nol (0) sedangkan untuk menentukan titik potong sumbu P maka syaratnya nilai Q harus sama dengan nol (0) sehingga gantilah huruf Q dalam fungsi permintaan dengan angka nol (0).
Dengan demikian, penyelesaian soal di atas selengkapnya dapat dipahami berikut ini:

PEMBAHASAN
Diketahui Qd = 30 – 2P

Langkah 1 Menentukan titik potong sumbu Q
Syarat untuk menentukan titik potong sumbu Q adalah nilai P=0
Qd = 30 – 2P
Qd = 30 – 2(0)
Qd = 30 – 0
Qd = 30 Dengan demikian didapat titik (30,0)

Langkah 2 Menentukan titik potong sumbu P
Syarat untuk menentukan titik potong sumbu P adalah nilai Q = 0
Qd = 30 – 2P
0 = 30 – 2P
2P = 30
P = 15 Dengan demikian diperoleh titik (0,15)


Berdasarkan titik potong sumbu Q dan titik potong sumbu P yaitu titik (30,0) dan titik (0,15), maka sekarang kita dapat menggambar kurva permintaannya, yaitu sebagai berikut:

Kurva permintaan dari sebuah fungsi permintaan

Keterangan:
Setelah ditemukan titik potong sumbu Q dan tiktik potong sumbu P, maka langkah pertama adalah membuat garis Q berupa garis horizontal dan garis P berupa garis vertikal, setelah dibuat garis Q dan P maka berilah angka-angka pada sepanjang garis Q dan Garis P dengan interval atau skala (jarak angka satu dengan angka lainnya) yang sama, dalam gambar kurva di atas menggunakan skala 15, sehingga dimulai dengan angka 0 kemudian 15, 30 dan seterusnya. Setelah garis Q dan P diberi angka-angka maka langkah terahir adalah menetapkan titik potong sumbu q dan sumbu P sesuai dengan titik koordinat yang telah ditemukan yaitu titik (30,0) dan titik (0,15) langkah terahir untuk menggambar kurva adalah dengan menghubungkan kedua titik potong dengan sebuah garis.

KESIMPULAN
Untuk dapat membuat kurva permintaan dari sebuah fungsi, maka langkah yang harus dilakukan adalah menentukan titik potong sumbu Q dan menentukan titik potong sumbu P. Titik Potong sumbu Q dapat dicari dengan syarat nilai P harus bernilai nol (0) sedangkan titik potong sumbu P dapat dicari dengan syarat nilai Q harus sama dengan nol (0). Demikianlah pembahasan tentang cara membuat kurva permintaan berdasarkan fungsi permintaan. Setelah memahami konsep permintaan dengan baik mulai dari pengertian permintaan hingga pada fungsi permintaan serta kurva permintaan maka disarankan untuk memahami konsep penawaran.

1 komentar:

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan