Materi Terkini

Pengertian biaya peluang dan cara menghitungnya

Selamat pagi para generasi indonesia yang cerdas, jumpa lagi dalam blog ekonomi kontekstual. Apakah saudara sedang belajar memahami biaya peluang? jika saudara bertanya apa itu biaya peluang, dan bagaimana cara untuk menghitung biaya peluang maka saudara tidak salah diantarkan google atau temannya menuju  ke halaman ini. Langsung saja bagi saudara yang ingin mempelajari tentang biaya peluang silahkan pahami paparan berikut ini:

Pengertian Biaya peluang

Biaya peluang atau opportunity cost dapat diartikan sebagai biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu, yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya karena tidak digunakan untuk tujuan lain. Atau dengan bahasa yang lebih singkat, biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan untuk tujuan yang ditargetkan. Untuk lebih memahami pengertian biaya peluang perhatikan contoh berikut ini:
CONTOH BIAYA PELUANG
Makna biaya peluang dalam ekonomi
1.Rifki setelah lulus kuliah mendapatkan dua buah tawaran kerja, yaitu tawaran untuk bekerja sebagai staff akuntansi dari PT A dan tawaran sebagai Customer service di Bank ABC. Bila Rifki memutuskan bekerja sebagai staff akuntansi di PT A,  maka Rifki kehilangan kesempatan bekerja sebagai customer service di Bank ABC. Berdasarkan ilustrasi ini maka biaya peluang yang ditanggung Rifki adalah bekerja sebagai Customer Servis di Bank ABC, karena rifki kehilangan atau mengorbankan kesempatan bekerja sebagai CS di Bank ABC.
2.Syamsul berkeinginan membeli bakso dan mie ayam, namun uang yang dimiliki syamsul hanya cukup untuk membeli salah satu dari yang diinginkan yaitu membeli bakso saja atau membeli mie ayam saja. Akhirnya syamsul memutuskan untuk menggunakan uangnya untuk membeli Bakso sehingga syamsul kehilangan kesempatan untuk membeli mie ayam. Berdasarkan ilustrasi tersebut maka biaya peluangnya adalah satu mangkuk mie ayam, karena syamsul kehilangan kesempatan untuk membeli mie ayam.

Cara Menghitung Biaya Peluang

Biaya peluang terjadi apabila terdapat dua pilihan atau lebih dari dua pilihan, sedangkan dari beberapa pilihan tersebut terdapat pilihan yang dikorbankan. Bila ada dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang yang dikorbankan atau yang tidak dipilih. Sedangkan apabila terdapat lebih dari dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang terbaik  yang dikorbankan atau yang tidak dipilih. Untuk memperjelas perhitungan biaya peluang silahkan pahami ilustrasi berikut ini:

a.Setelah lulus kuliah S1 dari sebuah universitas negeri, Efi mendapat dua tawaran pekerjaan. Tawaran pertama sebagai karyawan disebuah lembaga keuangan di dekat rumah dengan penghasilan perbulan Rp 2.500.000,-per bulan. Tawaran kedua sebagai Pegawai di sebuah instansi pemerintah di kabupaten kudus dengan penghasilan Rp 2.000.000,- per bulan. Dengan beberapa pertimbangan, di antaranya ingin mengabdi pada pemerintah,akhirnya efi memutuskan bekerja sebagai pegawai di instansi pemerintah. Keputusan efi memilih bekerja sebagai pegawai di instansi pemerintah telah menghilangkan peluang untuk bekerja sebagai karyawan di sebuah lembaga keuangan yang sebenarnya bisa memberikan pendapatan Rp 2.500.000,- per bulan. Dengan demikian biaya peluang yang ditanggung efi adalah Rp 2.500.000. karena telah mengorbankan atau menghilangkan kesempatan bekerja sebagai karyawan disebuah lembaga keuangan dengan penghasilan Rp 2.500.000.

b.Abdul memiliki uang Rp 80.000,-. Saat ini ia memerlukan jilbab untuk Zainab dan buku tulis untuk dirinya sendiri. Harga satu jilbab Rp 25.000,- dan harga satu buku tulis Rp 3.000,-.Karena ada dua kebutuhan maka ada beberapa kombinasi kebutuhan yang harus dipilih Abdul, yaitu sebagai berikut:
Cara menghitung biaya peluang atau opportunity cost

Dari keempat kombinasi di atas, awalnya abdul ingin memilih kombinasi C, yaitu mendapat 2 jilbab dan 5 buku tulis. Akan tetapi, karena ingin menghadiahi adiknya 1 Jilbab maka Abdul berubah memilih kombinasi A, yakni mendapat 3 jilbab dan 1 buku tulis. Ini berarti untuk mendapatkan tambahan 1 Jilbab (awalnya merencanakan membeli 2 jilbab tapi ahirnya membeli 3 jilbab) Abdul harus mengorbankan 4 buku tulis. Dengan demikian, biaya peluang untuk mendapatkan tambahan 1 Jilbab adalah sebesar harga 4 buku tulis, yaitu 3000 x 4 = Rp 12.000

KESIMPULAN
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut:
Biaya peluang muncul dilatar belakangi oleh kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas mengharuskan manusia memilih atau menentukan prioritas dalam memenuhi kebutuhannya. Pilihan inilah yang menciptakan biaya peluang. Biaya peluang merupakan biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya karena tidak digunakan untuk tujuan lain. Biaya peluang dapat dihitung dengan dua cara yaitu sebagai berikut :
a. Bila ada dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.
b. Bila ada lebih dari dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang terbaik yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.

Demikianlah pembahasan pengertian biaya peluang dan cara menghitunya, semoga yang penulis sampaikan disini dapat bermanfaat bagi saudara, Salam sukses.

1 Response to "Pengertian biaya peluang dan cara menghitungnya"

  1. Sangat membantu sekali :D saya jadi mengerti he he thanks

    ReplyDelete

Komentar saudara penulis harapkan sebagai sarana perbaikan artikel blog ini untuk lebih berkembang dan lebih bermanfaat untuk kehidupan